Wapres RI: Penyelenggaraan MPP Bentuak Kemajuan Tata Kelola Pemprov Banten

Wapres RI: Penyelenggaraan MPP Bentuak Kemajuan Tata Kelola Pemprov Banten

Nasional | bantennews.co.id | Jum'at, 21 Januari 2022 - 07:09
share

PANDEGLANG Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Maruf Amin menilai tata kelola pemerintahan di Provinsi Banten semakin meningkat. Hal itu dilihat dari berbagai upaya dalam meningkatkan pelayanan publik melalui Mall Pelayanan Publik (MPP) merupakan cahaya wajah pelayanan publik.

Saya mengapresiasi Pemprov Banten atas berbagai upaya meningkatkan pelayanan publik, kemudahan perizinan UMKM. Karena ini akan membentuk ekosistem yang akan memberdayakan perekonomian masyarakat, ungkap Wapres, KH Maruf Amin dalam Rapat Proges Penyelenggaraan MPP dan Pemberdayaan UMKM di Pendopo Gubernur Banten KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (20/1/2022).

Maruf juga mengapresiasi capaian Pemprov Banten yang dapat mempertahankan capaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dati Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Apresiasi saya sampaikan juga atas kemajuan tata kelola pemerintahan di Provinsi Banten. Capaian laporan keuangan Pemerintah Provinsi Banten yang lima kali berturut-turut dapat meraih WTP dari BPK. Juga capaian berbagai indikator reformasi birokrasi yang terus membaik terciptanya tata pemerintahan di Pemprov Banten dan seluruh Kabupaten/Kota, katanya.

Sementara, Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) dalam laporannya mengatakan, saat ini jumlah penduduk Provinsi Banten mencapai 12 juta jiwa yang tersebar pada 8 Kabupaten/Kota.

Provinsi Banten tetap kondusif meski dihantam pandemi Covid-19. Pembangunan tetap berjalan meski ada beberapa program yang terkena refocusing dan realokasi, WH.

Untuk pelayanan publik khususnya MPP, lanjut WH, Pemprov Banten memanfaatkan sistem digital seperti SiPeka yang telah mendapatkan penghargaan.

Kita membangun sistem yang bisa melayani langsung tanpa kehadiran mereka (masyarakat, red), ungkapnya.

Dengan membangun sistem digital seperti arahan Wapres KH Maruf Amin, Gubernur WH optimis di Tahun 2022 seluruh Kabupaten/Kota bakal bisa mengoperasikan Mall Pelayan Publik

Terkait penangan bencana gempa, menurut WH, koordinasi Pemerintah Pusat, Pemprov Banten, Pemerintah Kabupaten/Kota, Forkopimda, DPRD, TNI, Polri, Kejaksaan dan lainnya sangat baik. Termasuk dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. (Mir/Red)

Topik Menarik