Simulasi Letusan Gunung Auckland, Bukan Gunung Tonga

Simulasi Letusan Gunung Auckland, Bukan Gunung Tonga

Nasional | jawapos | Jum'at, 21 Januari 2022 - 05:48
share

DISINFORMASI tentang Gunung Tonga yang meletus masih banyak dijumpai di media sosial. Rabu (19/1) disinformasi itu disebar dengan menggunakan video pendek.

Ledakan gunung berapi Yang berada dasar laut di Tonga kemarin, tulis pengelola laman Facebook Serba Serbi Informasi (bit.ly/LetusanTonga).

Video berdurasi 2 menit 17 detik itu memperlihatkan situasi ledakan dari dalam laut. Menjelang letusan gunung bawah laut tersebut, terlihat perubahan arus di permukaan. Kemudian, letusan hebat terlihat di sebuah rekaman yang seperti rekaman CCTV itu.

Jika melihat video tersebut dengan saksama, tampilan unggahan akun Serba Serbi Informasi itu seperti animasi bergerak. Terlebih kondisi letusan gunung bawah laut tersebut terlihat jelas pada model asap.

Saat ditelusuri, ditemukan video identik yang sudah beredar di YouTube dua tahun lalu. Misalnya, kanal YouTube Auckland War Memorial Museum pada 19 Desember 2019. Judul video itu berbunyi, Auckland Museum Volcano Simulation-Auckland Museum.

Video tersebut jelas tidak memperlihatkan kondisi Gunung Tonga. Video itu hanyalah simulasi pendidikan gempa bumi yang disebabkan oleh letusan gunung berapi. Edukasi soal itu ditampilkan di Galeri Gunung Berapi di museum provinsi Auckland. Anda dapat melihatnya di bit.ly/SimulasiLetusan.

Soal penampakan letusan Gunung Tonga yang asli tentu dengan mudah dijumpai di media sosial, khususnya YouTube. Misalnya, kanal The Independent yang meng-upload video itu pada 15 Januari 2022 atau sehari setelah letusan. Tentu tayangan kanal tersebut berbeda dengan akun Facebook Serba Serbi Informasi. Keterangan kanal itu menyebut awan ganas yang membentang setinggi 12 mil dan lebar 3 mil terbentuk di atas gunung berapi Hunga Tonga Hunga Haapai yang memuntahkan abu, gas, dan uap ke atmosfer.

Letusan itu disebut salah satu letusan gunung berapi paling ganas yang pernah terekam di satelit. Peringatan tsunami saat itu juga telah diberlakukan untuk seluruh negara Pasifik. Anda dapat melihatnya di bit.ly/PenampakanLetusan.

FAKTA

Video unggahan akun Facebook Serba Serbi Informasi itu merupakan simulasi letusan gunung di museum Auckland. Tayangan tersebut dijadikan media edukasi tentang gunung berapi.

Topik Menarik