Wali Kota Banda Aceh Punya Kabar Gembira, Silakan Tepuk Tangan

Wali Kota Banda Aceh Punya Kabar Gembira, Silakan Tepuk Tangan

Nasional | genpi.co | Kamis, 20 Januari 2022 - 22:00
share

GenPI.co - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman memastikan siap membangun dan merehabilitasi seratusan rumah warga miskin (kurang mampu) di ibu kota provinsi Aceh itu pada tahun anggaran 2022.

"Ini sudah menjadi tekad saya agar warga Banda Aceh yang rumahnya tidak layak huni dan sangat memprihatinkan itu segera kita bangun dengan baik," ujar Aminullah, di Banda Aceh, Rabu (20/1/2022).

Pemerintah Banda Aceh merencanakan pembangunan rumah layak huni untuk warga miskin sebanyak 50 rumah dan merehabilitasi sekitar 100 rumah.

"Alhamdulillah dengan adanya Baitul Mal (lembaga penerima zakat), sehingga hari ini kita sudah bisa memberikan rumah layak huni," jelasnya.

Aminullah mengakui ini merupakan komitmen untuk terus berusaha mengentaskan rumah tidak layak huni di ibu kota Provinsi Aceh itu.

"Insyaallah semua warga kota yang yang kurang mampu, satu per satu akan memiliki rumah yang layak, dan saat ini sudah ratusan rumah yang kita bangun," tutur dia.

Sebagai informasi tambahan, pemerintah Banda Aceh sejak 2017 sampai dengan hari ini telah membangun dan merehabilitasi sebanyak 722 rumah warga kurang mampu, sehingga menjadi layak huni.

Berdasarkan data yang diterima, bantuan pembangunan dan renovasi rumah tersebut dilakukan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) dan Baitul Mal Banda Aceh.

Dari total 722 rumah layak huni yang dibangun sejak tersebut terbagi dari 260 unit pembangunan dari awal dan 462 unit yang direnovasi.

Rinciannya, untuk rumah sehat sederhana plus yang dibangun Perkim melalui APBK Banda Aceh sejak 2017-2021sebanyak 143 unit, dan rumah rehab 34 unit.

Kemudian, rumah miskin yang dibangun Baitul Mal Banda Aceh dengan dana zakat mencapai 117 unit, lalu untuk renovasi rumah melalui dana infaq sebanyak 30 unit.

Selain itu, juga terdapat rumah rehab swadaya dengan anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebanyak 398 unit sepanjang 2019-2021. (Ant)

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Topik Menarik