Tari Jaipong Berasal dari Mana? Ini Sejarah, Properti dan Pola Lantainya

Tari Jaipong Berasal dari Mana? Ini Sejarah, Properti dan Pola Lantainya

Nasional | inewsid | Kamis, 20 Januari 2022 - 15:17
share

JAKARTA, iNews.id - Tari Jaipong sering ditampilkan dalam berbagai acara. Namun, masih banyak yang belum tahu tari jaipong berasal dari mana.

Siapakah yang Pertama Kali Memperkenalkan Tari Jaipong dan Apa Tujuannya?

Tari jaipong berasal dari Bandung, Jawa Barat. Melansir buku \'Mengenal Seni Tari Indonesia\' karya Muryanto, tarian ini pertama kali dikenal masyarakat pada tahun 1976 dan tari jaipong diciptakan oleh Gugum Gumbira dengan nama Ketuk Tilu.

Tari Jaipong Menggambarkan Apa?

Pada dasarnya, tarian ini merupakan tarian rakyat dengan tujuan hiburan massal. Tari jaipong dimainkan oleh anak muda dengan gerakan yang lincah.

Namun, saat ini tari jaipong berasal dari daerah Jawa Barat biasa disajikan dalam gelaran acara formal atau hajatan. Sebab, tarian ini memiliki irama yang memberikan warna tersendiri.

Apa Properti Utama dalam Tari Jaipong?

Properti tari jaipong adalah Sinjang, yakni celana panjang yang digunakan penari jaipong dan Apok atau pakaian penari jaipong yang berupa kebaya namun terdapat pernik dan ornamen di dalamnya.

Selain itu, penari jaipong juga menggunakan Sampur atau selendang para penari jaipong.

Pola Lantai Tari Jaipong

Pola lantai tari jaipong adalah gabungan antara pola lantai lurus dan pola lantai zig-zag. Gerakan tari jaipong memainkan seluruh anggota tubuh, yakni kaki, tangan, kepala hingga badan.

Jadi, sudah tahu kan tari jaipong berasal dari daerah Jawa Barat?

Topik Menarik