Loading...
Loading…
Paus Sperma : Paus Bergigi Terbesar Dunia

Paus Sperma : Paus Bergigi Terbesar Dunia

Nasional | riau24.com | Kamis, 20 Januari 2022 - 12:15

RIAU24.COM- Paus sperma atau Sperm Whale merupakan paus bergigi terbesar di dunia. Bernama Latin Physeter macrocephalus, paus ini adalah satu-satunya spesies dari famili Physeteridae.

Paus berkepala kotak ini juga terdistribusi secara luas di seluruh dunia, meliputi laut tropis, subtropis, dan lautan sub kutub dari kedua belahan bumi (Evans, 1997).

Pada umumnya, paus jenis ini sering dijumpai di bulan Juni hingga Agustus. Di Indonesia, persebarannya meliputi Laut Sulu, Laut Sulawesi, Laut Halmahera, Laut Flores, sebagian Laut Banda, perairan sekitar Ambon, bagian timur Pulau Alor, lepas pantai Lamalera, dan di perairan sekitar Pulau Komodo.

Kepala bagian depan paus ini dipenuhi zat lilin berwarna putih yang disebut dengan spermatocite. Elemen tersebut juga yang mendasari penamaan paus sperma sebab warnanya yang kerap dikira sebagai sperma.

Spermaceti berfungsi untuk membantu mengapung dan menyelam di dalam air (Clarke, 1978) serta mengatur sonar (Noris dan Harvey, 1972). Organ spermaceti juga membantu paus sperma bertahan di bawah air sampai 90 menit.

zxc1

Ukuran tubuh paus sperma jantan bisa mencapai 18 meter. Sementara betina bisa sepanjang 12 meter dan berbobot antara 20 sampai 57 ton.

Baca Juga :
Ayatollah Khamenei Ucapkan Selamat kepada Umat Kristen di Hari Natal

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai paus bergigi terbesar di dlunia ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @wowartikel (15/12/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

Original Source

Topik Menarik

{
{
{