Hakim dan Panitera Terjaring OTT, KY Siap Bantu KPK

Hakim dan Panitera Terjaring OTT, KY Siap Bantu KPK

Nasional | inewsid | Kamis, 20 Januari 2022 - 10:21
share

JAKARTA, iNews.id - Komisi Yudisial (KY) mendukung giat Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar KPK terhadap hakim dan panitera Pengadilan Negeri Surabaya. OTT itu digelar pada hari Rabu (19/1/2022).

Juru Bicara KY Miko Ginting mengatakan akan dengan sukarela membantu lembaga antirasuah dalam pengusutan kasus ini bila memang dibutuhkan.

"Komisi Yudisial senantiasa memantau dan bersedia membantu proses pro justitia ini apabila dibutuhkan," kata Miko dalam keterangan tertulis, Kamis (20/1/2022).

Dia mengungkapkan, sampai saat ini KY masih menunggu perkembangan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim penyidik KPK.

"Komisi Yudisial meminta semua pihak memberikan kepercayaan kepada proses penegakan hukum yang sedang berlangsung ini," ujarnya.

Sekadar informasi, dalam operasi senyap ini tim penindakan KPK berhasil mengamankan tiga orang. Ketiganya adalah hakim, panitera, dan pengacara.

"Dalam kegiatan tangkap tangan tersebut, sejauh ini KPK mengamankan 3 orang. Di antaranya Hakim, Panitera dan pengacara," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (20/1/2022).

Selain menangkap tiga orang, tim juga mengamankan uang ratusan juta. Diduga, uang itu merupakan pemulus atau suap untuk panitera dan hakim terkait pengurusan perkara di PN Surabaya.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT di Surabaya tersebut. KPK berjanji bakal menginformasikan kembali terkait perkembangan OTT pejabat pengadilan di Surabaya.

Topik Menarik