Calon Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Nama Ahok Disebut

Calon Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Nama Ahok Disebut

Nasional | genpi.co | Kamis, 20 Januari 2022 - 03:08
share

GenPI.co - Nama-nama kandidat Kepala Otorita Ibu kota Negara Baru bernama Nusantara beredar.

Adalah Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Abdullah Azwar Anas.

Mantan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan mantan Direktur Utama PT Wijaya Karya Tumiyana.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin, menilai Ahok sebagai sosok yang memiliki catatan hukum dan kerap menuai sensasi dan kontroversi.

"Masak iya Kepala Badan Otoritanya pernah dipidana (Ahok). Bisa ambyar. Cari yang lainlah," kata Ujang di Jakarta, Rabu (19/1).

Dosen Ilmu Politik Universitas Al-Azhar Indonesia ini juga menyebut apabila Presiden Jokowi tetap memilih Ahok sebagai Kepala Badan Otorita IKN, khawatir publik ibu kota Nusantara itu akan dijadikan "Beijing Baru".

Sementara itu, ekonom senior Rizal Ramli, mengatakan secara hitung-hitungan ekonomi akan sulit memindahkan apa yang sudah ada di Jakarta. Bahkan, untuk kalangan bisnis properti besar sekalipun.

Menurutnya, pengusaha properti akan lebih meraup keuntungan dengan mengelola modal untuk membangun kota baru di Jawa dari pada harus membangun di wilayah IKN.

"Kalau perusahaan real estate besar tidak akan mau main real estate di Kalimantan Timur kecuali dipaksa, karena mereka lebih diuntungkan bikin BSD baru, bikin kota baru di Pulau Jawa," kata Rizal Ramli.

Dia memprediksi, hanya perusahaan China yang akan berani tanam modal di IKN untuk membangun kota baru sesuai selera dan kebutuhan rakyat mereka untuk dipindahkan ke Indonesia.

"Ini yang bahaya, kalau Ahok yang dijadikan Kepala Otorita IKN, " kata Rizal Ramli. (*)

Video viral hari ini:

Topik Menarik