Beredar Kabar Login Facebook Kini Harus Pakai Sertifikat Vaksin, Hoaks Atau Fakta?

Beredar Kabar Login Facebook Kini Harus Pakai Sertifikat Vaksin, Hoaks Atau Fakta?

Nasional | riau24.com | Rabu, 19 Januari 2022 - 09:40
share

RIAU24.COM- Beredar isu yang menyebutkan bahwa proses login ke akun media sosial Facebook kini harus dilakukan dengan menggunakan sertifikat vaksin.

Kabar terkait perlunya sertifikat vaksinsaat login ke Facebookitu menyebar luas di media sosial.

Lebih lanjut, penyebar yakni akun Facebook Fadh Channel mengatakan bahwa tidak hanya Facebookyang akan memerlukan sertifikat vaksin.

Beberapa media sosial yang merupakan produk Metaseperti WhatsApp, Messenger dan Instagram juga disebut-sebut memerlukan sertifikat vaksin.

zxc1

"Akan datang di Facebook (Meta). Hanya yang divaksin dapat akses aplikasi di Metaseperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Messenger. (masih teori konspirasi),"kata akun Faiz Bazri.

Lantas, benarkah informasi tersebut? Benarkah sertifikat vaksinmenjadi salah satu syarat untuk mengakses beberapa aplikasi di atas terutama Facebook?

Dikutipdari Turn Back Hoax, sebagaimana diketahui, vaksin memang menjadi salah satu upaya pemerintah dalam menekan penyebaran virus corona.

Namun, terkait kabar sertifikat vaksinmenjadi salah satu syarat agar bisa login Facebookdiketahui tidaklah benar.

Juru bicara Meta, Andy Stone, menepis kabar sertifikat vaksinmenjadi salah satu syarat untuk login Facebook.

zxc2

Hal itudisampaikan Andy Stone dalam akun Twitter miliknya, @andymstone.

"This is fake (Ini palsu),"katanya menegaskan seraya menautkan tangkapan layar kabar yang menunjukkan sertifikat vaksinsebagai syarat login ke Facebook.

Dengan demikian, berdasarkan klarifikasi di atas, dapat disimpulkan bahwa kabar login ke Facebookwajib menggunakan sertifikat vaksinadalah palsu.

Topik Menarik