Banjarmasin Terkendala Stok Percepat Vaksinasi Anak 6–11 Tahun

Banjarmasin Terkendala Stok Percepat Vaksinasi Anak 6–11 Tahun

Nasional | jawapos | Rabu, 19 Januari 2022 - 05:43
share

JawaPos.com Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyatakan pelaksanaan percepatan program vaksinasi Covid-19 bagi anak 611 tahun terkendala stok vaksin Covid-19.

Kita tidak bisa besar-besaran melaksanakannya, ujar Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin Machli Riyadi seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin.

Menurut dia, stok vaksin Covid-19 jenis Sinovac tinggal 4.000 dosis yang tersebar di 26 puskesmas. Sedangkan stok di Dinkes Banjarmasin tinggal 100 dosis.

Menurut Machli Riyadi, stok itu diperuntukkan bagi vaksinasi umum, tidak hanya bagi anak 611 tahun yang juga sudah dimulai pelaksanaannya. Apalagi target untuk vaksinasi anak 611 tahun ini jumlahnya sekitar 71 ribu, papar Machli Riyadi.

Karena itu, pihaknya pun sudah mengajukan tambahan vaksin ke pemerintah provinsi sebanyak 25 ribu dosis. Semoga secepatnya dipenuhi, hingga kita bisa percepat pelaksanaan vaksinasi bagi anak 611 tahun ini, tutur Machli Riyadi.

Vaksinasi bagi anak 611 tahun itu dengan dosis hanya 0,5 ml. Dia menegaskan, jika setelah disuntik terjadi terdampak kurang baik bagi kesehatan anak, pemerintah akan bertanggung jawab.

Kita pastikan aman, jadi jangan khawatir, terang Machli Riyadi.

Dia menambahkan, berdasar Surat Edaran (SE) Dirjen P2P tertanggal 13 Januari, seluruh kabupaten dan kota di Indonesia boleh menggelar vaksinasi anak 611 tahun. Tidak terkecuali di Banjarmasin.

Untuk program vaksinasi Covid-19 bagi umum totalnya sudah mencapai 81 persen dari target sebanyak 711 ribu sasaran, kata Machli Riyadi.

Topik Menarik