7 Pola makan Bunga Citra Lestari, jaga tubuh langsing dan berenergi

7 Pola makan Bunga Citra Lestari, jaga tubuh langsing dan berenergi

Nasional | brilio.net | Selasa, 18 Januari 2022 - 11:03
share

Brilio.net - Sebagai seorang selebriti, memiliki tubuh langsing dan ideal seolah sudah menjadi tuntutan. Namun bagi Bunga Citra Lestari, menjaga tubuh tetap ideal bukan hanya sekadar untuk menunjang kariernya sebagai publik figur, tapi juga bagian dari kesehatan.

Dulunya, ibu satu anak ini mengaku masih kurang memperhatikan kesehatan. Namun, kini Bunga Citra Lestari ini sudah rutin menjaga tubuhnya. Usaha tersebut pun membuat berat badannya konsisten di angka ideal dan selalu berenergi di setiap aktivitasnya sehari-hari.

" Melakukan sesuatu yang bikin kita happy memang signifikan pengaruhnya, tapi menerapkan pola hidup yang lebih baik dan rutin berolahraga juga tak kalah penting, " tulisnya di Instagram/@bclsinclair.

Tak hanya lewat olaharaga, penyanyi yang akrab disapa Unge ini juga nggak sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Bunga Citra Lestari pun rutin mengonsumsi makanan bernutrisi, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, serta menghindari sejumlah makanan tertentu, lho.

Ingin tahu bagaimana pola makan pelantun Pernah Muda ini? Berikut tujuh pola makan Bunga Citra Lestari buat jaga tubuh langsing dan berenergi, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Selasa (18/1).

1. Tidak melewatkan sarapan.

foto: unsplash.com

BCL rutin sarapan, karena menurutnya penting untuk kesehatan dan bisa meningkatkan semangat saat menjalani hari. Dilansir dari betterhealth.vic.gov.au, sarapan bisa meningkatkan energi, menjaga berat badan, bikin otak bekerja dengan baik, dan mencegah berbagai penyakit.

"Dahulu saya termasuk orang yang menganggap sarapan bukanlah sesuatu hal yang penting. Selain itu, tidak sarapan bisa membuat saya bangun lebih siang," ucapnya dilansir dari fimela.com.

2. Mengganti nasi putih dengan nasi merah.

foto: unsplash.com

Masih makan nasi, tetapi BCL mengganti nasi putih dengan nasi merah dengan alasan kesehatan. Dilansir dari healthshots.com, nasi merah bisa bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal, menurunkan risiko penyakit kronis, menurunkan kadar gula darah, dan lain sebagainya.

"Aku pilih nasi merah karena nasi putih banyak gulanya," jelas BCL dilansir dari liputan6.com.

3. Minum banyak air putih.

foto: Instagram/@bclsinclair

Sudah jadi rahasia umum, jika air putih penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Dilansir dari health.harvard.edu, minum air putih bisa membantu membawa nutrisi ke sel-sel tubuh, membersihkan pencernaan dari bakteri, bikin tekanan darah normal, menjaga kesehatan sendi dan tulang, dan lain-lain.

4. Menghindari makanan tinggi karbohidrat.

foto: unsplash.com

Selain nasi putih, makanan lain yang tinggi karbohidrat juga dihindari oleh BCL. Salah satunya adalah buah mangga. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, buah mangga menyehatkan, namun cenderung tinggi kalori sehingga kurang cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

5. Menghindari seafood.

foto: unsplash.com

BCL menghindari seafood sebagai nutrisi protein hewaninya dan lebih memilih bahan lain. Dilansir dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai seafood cocok untuk diet penurunan berat badan atau tidak. Namun sejumlah seafood, seperti udang mengandung kolesterol yang tinggi. Sehingga, sebaiknya dikonsumsi dalam porsi secukupnya saja.

6. Tidak makan gorengan.

foto: Instagram/@bclsinclair

Dalam penerapan pola hidup sehat, penting untuk menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi, termasuk gorengan. Hal yang sama juga diterapkan oleh Bunga Citra Lestari. Wanita 38 tahun ini lebih memilih masakan yang ditim maupun dibakar. Dilansir dari healthline.com, sering makan gorengan bisa berisiko menyebabkan diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

7. Rutin makan sayur.

foto: unsplash.com

BCL juga selalu menyempatkan untuk makan sayur setiap hari. Dilansir dari medicalnewstoday.com, sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya untuk menunjang kesehatan. Selain itu, sayuran juga rendah kalori dan tinggi serat, cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

"Harus makan rutin, makan sayuran," ungkap BCL dilansir dari kapanlagi.com.

Topik Menarik