Google Hadirkan Fitur Self Share, Kirim File Lebih Mudah

Google Hadirkan Fitur Self Share, Kirim File Lebih Mudah

Nasional | republika | Selasa, 18 Januari 2022 - 08:15
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini, Google merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna dengan cepat mengirim data seperti foto atau dokumen ke orang terdekat dengan Chromebook atau perangkat Android. Sekarang, tampaknya pengembang tengah berupaya memperbarui fitur ini sehingga pengguna dapat dengan mudah mengirim data di perangkat mereka sendiri.

Nearby Share hadir di perangkat Chrome OS pada bulan Juni dan bersaing dengan teknologi serupa seperti AirDrop Apple. Pada Ahad lalu, Chrome Story, sebuah blog yang berfokus pada Chrome dan Chrome OS, melihat adanya Tambahkan tanda fitur di Chromium Gerrit yang merujuk pada tambahan di Nearby Share yang disebut Self Share. Fitur memungkinkan berbagi tanpa batas antara perangkat milik pengguna, kata tanda tersebut.

Self Share akan memungkinkan Anda mengirim data ke diri Anda sendiri tanpa menggunakan email atau drive cloud pihak ketiga. Menggunakan Bluetooth, WebRTS, atau wifi peer-to-peer, data akan ditransfer ke Chrome OS atau perangkat Android terdekat dalam hitungan detik.

Seperti yang dicatat oleh Chrome Unboxed, Self Share masih harus melalui tahap tanda pengembang Chrome OS Canary sebelum pengguna Chrome OS biasa dapat melihatnya di perangkat mereka.

"Jika Anda mengaktifkan tanda atau jika Anda menunggu hingga fitur tersedia, opsi menu Kirim ke Perangkat Anda yang baru akan muncul setelah Anda menekan Berbagi di Sekitar di Lembar Bagikan Chrome OS," tulis Chrome Unboxed, dilansir Ars Technica, Selasa (18/1).

Self Share akan meningkatkan interoperabilitas antara perangkat komputasi berbasis Google yang berbeda, tetapi masih ada jalan panjang sebelum orang menuntut semua perangkat Google dengan cara yang sama seperti yang dilakukan beberapa produk Apple.

Topik Menarik