Loading...
Loading…
Hore! Bendera Merah Putih Bisa Berkibar Lagi di Ajang Olahraga Internasional

Hore! Bendera Merah Putih Bisa Berkibar Lagi di Ajang Olahraga Internasional

Nasional | limapagi.id | Senin, 17 Januari 2022 - 16:08

LIMAPAGI - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengatakan Lembaga Anti-Doping Dunia (WADA) sudah mengizinkan Indonesia kembali mengibarkan bendera Merah Putih, di ajang olahraga dunia pada Februari mendatang.

WADA sempat menjatuhkan sanksi kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) karena dianggap tidak mematuhi prosedur anti-doping, yakni tes doping plan (TDP). Hukuman pun mulai berlaku sejak Oktober 2021.

Sanksi yang dialami LADI berakibat fatal bagi Indonesia. Kontingen Tanah Air dilarang mengibarkan bendera Merah Putih di setiap ajang olahraga internasional.

Kendati belum mendapat pengumuman resmi dari WADA terkait pencabutan sanksi, Menpora mendapat kabar dari Ketua Tim Satgas Percepatan Sanksi WADA, Raja Sapta Oktohari bahwa kondisi sudah membaik.

WADA puas karena Indonesia memenuhi sejumlah syarat yang diajukan. Indonesia pun bakal segera digolongkan sebagai negara yang patuh terhadap prosedur WADA.

"Kalau tidak ada aral melintang, itu (bendera Indonesia) awal Februari sudah bisa (berkibar), Insya Allah. Konfirmasi ketua tim satgas, bendera Indonesia sudah bisa berkibar," ujar Menpora dalam konferensi pers virtual, Senin, 17 Januari 2021.

Baca Juga :
Lagi, Merah Putih Dilarang Berkibar Pak Menpora, Sampai Kapan Harus Begini..?

Di sisi lain, Okto menegaskan belum ada keputusan resmi soal pencabutan sanksi LADI dari WADA. WADA hanya menginfokan bahwa bendera Indonesia bisa berkibar lagi di pentas internasional.

"Bahwa bendera merah putih akan berkibar kembali, namun kalau kita bicara sanksi itu kita harus menjadikan LADI yang profesional tidak semudah membalikkan telapak tangan," ucap Presiden Komite Olimpiade Indonesia itu.

Piala Thomas-Uber, Kejuaraan Dunia Angkat Besi, dan Piala AFF merupakan deretan kompetisi yang melarang Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih akibat sanksi WADA.

Original Source

Topik Menarik

{