11 Drama kerajaan Korea kisah para ratu, Mr. Queen penuh cerita kocak

11 Drama kerajaan Korea kisah para ratu, Mr. Queen penuh cerita kocak

Nasional | brilio.net | Minggu, 16 Januari 2022 - 23:50
share

Brilio.net - Drama Korea kerajaan hampir selalu bercerita tentang peranan para raja Korea dengan segala capaiannya. Walaupun begitu, ada beberapa drama Korea kerajaan yang mengisahkan kehidupan para ratu atau putri mahkota kerajaan yang kemudian menjadi ratu dinasti kerajaan.

Selain itu, drama-drama ini sarat memperlihatkan intrik politik kerajaan dan juga bagaimana seorang ratu melakukan strategi untuk terus mempertahankan kekuatannya. Para ratu tersebut juga mampu bermain dalam politik kerajaan yang penuh konspirasi dan penuh strategi licik.

Drama-drama ini diadaptasi dari berbagai fakta sejarah yang memang benar-benar ada. Selain itu, ada pula yang penuh dengan muatan fiksi, tetapi mengambil dari latar cerita dari fakta sejarah yang sudah ada.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Minggu (16/1), berikut 11 drama kerajaan Korea kisah para ratu, Mr. Queen penuh cerita kocak.

1. The King\'s Affection (2021).

foto: imdb.com

Drama Korea The King\'s Affection diperankan oleh Park Eun-bin dan Rowoon SF9 ini mengisahkan mitos anak kembar yang berbeda jenis kelamin pada era Dinasti Joseon yang dianggap membawa malapetaka bagi salah satunya.

Tidak ingin anaknya dibunuh karena alasan tersebut, Permaisuri pun membawa keluarga anak perempuannya dari Istana. Sampai kemudian anak laki-lakinya di Istana meninggal dunia, anak perempuan tersebut diminta kembali untuk menjadi putra mahkota dengan menyamar sebagai seorang laki-laki.

2. Mr. Queen (2020-2021).

foto: imdb.com

Mr. Queen merupakan drama Korea yang mengisahkan Jang Bong-hwan, seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh Ratu Cheorin, seorang ratu dari dinasti Joseon. Drama Korea romantis yang berlatar sejarah ini tampil dengan baik dan membuat banyak orang tertawa geli dan kagum dengan cerita yang dihadirkan. Drama Korea yang diperankan oleh Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun berhasil menjadi salah satu drama Korea terfavorit.

3. Queen: Love and War (2019-2020).

foto: imdb.com

Queen: Love and War menceritakan tentang kompetisi kejam untuk memilih ratu baru di kerajaan Joseon. Pada masa itu, ratu adalah satu-satunya orang di kerajaan yang bisa berkuasa tanpa mengandalkan para menteri dan tidak perlu menjadi pelayan kerajaan. Kisahnya bermula ketika Kang Eun-gi, adik kembar Kang Eun-Bo yang menjadi seorang ratu terbunuh. Pembunuhan tersebut terjadi saat Eun-gi dan Lee Kyung menggelar parade pernikahannya.

4. Queen for Seven Days (2017).

foto: imdb.com

Queen For Seven Days menceritakan tentang kisah nyata seorang Lady Shin yang harus naik dan turun dari takhtanya dalam kurun waktu tujuh hari karena digulingkan oleh lawan politiknya. Cerita dalam drama ini dimulai saat Lee Yoon yang naik tahta menjadi raja untuk menggantikan ayahnya. Queen For Seven Days hadir dengan penuh intrik dan juga kisah percintaan yang menarik antara Lee Yoo dan suaminya yang masih menjadi bagian dari pemerintahan lawan politiknya.

5. My Sassy Girl (2017).

foto: imdb.com

Berbeda dengan versi film, drama Korea My Sassy Girl menceritakan kisah cinta seorang sarjana kota dingin Gyeon Woo (Joo Won) yang dikenal sebagai "harta nasional Joseon". Ia kemudian bertemu dengan putri lancang Hye-myung (Oh Yeon-seo) di era Dinasti Joseon yang tidak memiliki reputasi terbaik di antara banyak orang.

Dia sering menyelinap keluar dari istana untuk mencari ibunya, ratu yang diturunkan tahta. Awalnya, pertemuan Gyeon Woo dengan Hye-myung berlangsung tegang dan bermusuhan di tengah intrik kerajaan. Namun, lambat laun mereka pun berteman dan saling jatuh cinta.

6. Jang Ok-jung, Living by Love (2013).

foto: imdb.com

Jang Ok-jung, Living by Love merupakan drama Korea yang diangkat dari novel karya Shoi Jung-mi berjudul Jang Ok Jung, Live For Love. Drama ini mengisahkan kehidupan penuh gejolak Jang Ok-jung yang juga dikenal sebagai Lady Jang Hui-bin, salah satu selir istana paling terkenal di Dinasti Joseon. Ia memulai karier sebagai wanita istana yang menjahit pakaian sekaligus perancang busana para raja.

Keberadaan Ok-jung di istana takkan pernah hadir tanpa bantuan Putra Mahkota Lee Soon saat ia tinggal seorang diri bersama Nyonya Jung Kang. Pertemuan tersebut kemudian menjadi awal dari Lee Soon jatuh cinta kepada Ok-jung dan menjadi salah satu aktor penting saat Putra Mahkota Lee Soon naik takhta menjadi raja.

7. The Empress Ki (2013).

foto: imdb.com

Drama Empress Ki merupakan kisah nyata Ratu Ki di Korea. Ki Seungnyang, seorang wanita kelahiran Goryeo yang naik ke tampuk kekuasaan meskipun ada batasan sistem kelas era. Ia kemudian menikahi Toghon Temr (Kaisar Kekaisaran Mongol) untuk menjadi permaisuri Dinasti Yuan dan bukan cinta pertamanya, Wang Yu. Drama ini berhasil menyoroti ambisi politik sang permaisuri dan sikapnya kepada orang yang pernah dicintainya.

8. The Moon That Embraces the Sun (2012).

foto: imdb.com

The Moon That Embraces the Sun menceritakan kisah cinta Raja Lee Hwon dan seorang peramal bernama Shaman Wol atau yang dikenal dengan nama Heo Yeon-woo. Mereka berdua pertama kali bertemu saat mereka masih remaja. Kala itu, Wol masih bernama Heo Yeon-woo dan dikenal sebagai putri bangsawan, sedangkan Lee Hwon menjadi putra mahkota.

Mereka hampir saja menikah, tetapi hal itu digagalkan oleh Ibu Suri yang ingin menjodohkan Lee Hwon dengan Yoon Bo-kyung. Ibu Suri pun menyusun rencana jahat untuk membunuh Yeon-woo hingga dibuat hilang ingatan dan menjadi seorang peramal yang ada di luar istana.

9. Insu, The Queen Mother (2011).

foto: imdb.com

Insu, The Queen Mother berkisah tentang Ratu Insu (1437-1504), istri raja Deok Jong dan putri Hanh Wak, seorang anggota dewan negara bagian kedua. Sejak tahun ke-2 pemerintahan Sung Jong, dia dipanggil Ratu Insu. Ratu Insu dikenal sebagai wanita negara bagian terbaik di Joseon. Serial drama ini menggambarkan hubungan naas tiga wanita dan nasib mereka.

Selama era raja Dan Jong, raja keenam Dinasti Joseon, Do Won, putra Pangeran Soo Yang menikah dengan Han Jung. Tidak seperti wanita lain, Han Jung tidak berusaha menyembunyikan ambisinya untuk kekuasaan politik. Dia akhirnya berdiri melawan Ratu Jung Hee, ibu mertuanya, dan menempatkan putranya di atas takhta untuk mengambil alih kekuasaan. Namun, ketika Ratu Lady Yun yang Digulingkan muncul, konflik di antara ketiga wanita itu mencapai puncak yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

10. Dong Yi (2010).

foto: imdb.com

Dong Yi merupakan drama Korea berlatar kerajaan yang mengisahkan Dong Yi (Han Hyo-joo), seorang perempuan dari golongan Cheonmin atau kasta rendah pada masa dinasti Joseon. Keluarganya dibunuh karena sebuah fitnah politik dan menjadikan Dong Yi gadis sebatang kara. Dong Yi kemudian diasuh seorang Gisaeng bernama Seol-hee (Kim Hye-jin) dan saat dewasa menjadi selir keempat yang diakui oleh kerajaan Joseon.

11. The King and I (2007).

foto: imdb.com

The King and I merupakan sebuah drama tentang kehidupan Kim Cheo-seon selama Dinasti Joseon. Ia merupakan seorang kasim yang setia kepada beberapa raja dinasti Joseon, seperti Raja ke-5, Munjong, dan Raja ke-10, Yeonsangun, selama era Joseon. Ketika ia memasuki istana kerajaan, dia melihat Raja, Sung-Jong dan So-hwa menghabiskan malam pertama mereka bersama. Dia menjadi pelindung setia So-hwa.

Saat pertempuran politik berkecamuk di antara pelacur dan istri di istana, So-hwa dipilih oleh raja untuk menjadi ratunya dan Cheo-seon bersumpah untuk menjadi pelayan setianya. Tapi So-hwa akhirnya dicopot sebagai ratu dan meninggalkan istana dengan aib. Cheo-seon tak berdaya menyaksikan peristiwa ini terungkap dan dia diam-diam membantu So-hwa. Tapi dalam putaran nasib yang kejam, dia adalah orang yang dipilih untuk mengeksekusi hukuman mati So-hwa dengan menyajikan semangkuk penuh racun. Setelah So-hwa meninggal, dia menjaga putranya Raja Yeonsangun seolah-olah dia adalah putranya sendiri.

 

Topik Menarik