Loading...
Loading…
Forum DAS Peusangan Desak Pemerintah Aceh untuk Mengelola DAS Secara Terpadu

Forum DAS Peusangan Desak Pemerintah Aceh untuk Mengelola DAS Secara Terpadu

Nasional | acehsatu.com | Rabu, 12 Januari 2022 - 08:29

ACEHSATU.COM | Bireuen,- Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan mendesak Pemerintah Aceh untuk mengelola DAS Jambo Ayee dan DAS Keureuto secara terpadu dari hulu ke hilir, hal tersebut mampu meminimalisir banjir di Aceh Utara dan Aceh Timur yang terus berulang setiap tahunnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan, Suhaimi Hamid dalam Pers Rilis pada Rabu (12/01/2022).

Suhaimi menyebutkan, berdasarkan data Forest Watch Indonesia (FWI), sepanjang Tahun 2013 hingga 2017, terdapat 8.271 Hektar DAS Jambo Aye dan Keureutoe telah terjadi deforestasi.

Jika kita melihat kondisi tutupan hutan dan lahan di kedua DAS tersebut secara langsung, laju deferostasi meningkat tajam dari tahun ke tahun, hal tersebut terjadi karena adanya pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit secara besar-besaran", ujar Suhaimi.

Menurut Suhaimi, banjir yang melanda Aceh Utara, Aceh Timur langsa dan Aceh Tamiang awal tahun 2022 merupakan dampak dari buruknya pengelolaan DAS Jambo Aye dan Keureuto.

Seperti kita ketahui, hulu Daerah Aliran Sungai Keureutoe dan Das Jambo Aye serta DAS Peusangan berada didataran tinggi Gayo meliputi Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan Kabupaten Gayo Lues, ujar Suhaimi.

Untuk itu, kata Suhaimi Pemerintah Aceh dan Pemerintah Daerah serta pihak Swasta harus berkontribusi secara bersama sama dalam pengelolaan DAS secara bijak dan terpadu, baik melalui skema Imbal Jasa Lingkungan (IJL) maupun rehabilitasi hutan dan lahan dari hulu ke hilir, kata Suhaimi.

Menurutnya hal jika hal tersebut dilakukan secara bersama sama, maka akan mampu meminimalisir banjir di Aceh Utara dan Aceh Timur maupun di Aceh Tamiang, pungkas Suhaimi.

Original Source

Topik Menarik