Pertama di Dunia, Huawei Rilis Kunci Mobil Berbekal Bluetooth dan NFC

Pertama di Dunia, Huawei Rilis Kunci Mobil Berbekal Bluetooth dan NFC

Nasional | jawapos | Selasa, 11 Januari 2022 - 13:40
share

JawaPos.com-Perkembangan dunia otomotif berlangsung sangat pesat dari tahun ke tahun. Terobosan-terobosan fitur dan teknologi terkini seolah tiada habisnya diperkenalkan dan diluncurkan oleh para pabrikan otomotif dan mitranya.

Dari sisi kunci mobil misalnya. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin massif mobil baru hadir dibekali dengan kunci yang tidak lagi berbentuk layaknya kunci kebanyakan.

Teknologi tersebut dinamakan sebagai teknologi keyless. Alih-alih mengantongi anak kunci konvensional, pengendara mobil saat ini justru hanya perlu remote saja untuk menghidupkan, mematikan mesin dan mengunci mobil.

Teknologi keyless wajarnya dibekali dengan fitur nirkabel berupa jaringan jarak jauh yang membaca sinyal dari remote ke perangkat On Board Unit (OBU) yang ada pada sebuah mobil. OBU ini kemudian menerima perintah untuk menyalakan dan mematikan mesin juga untuk membuka dan mengunci pintu mobil.

Terbaru lagi, teknologi kunci mobil dikenalkan oleh Huawei. Pertama di dunia, Huawei memperkenalkan kunci mobil yang dibekali dengan teknologi bluetooth dan Near Field Communication atau NFC yang biasa ada pada perangkat smartphone.

Teknologi yang diklaim sebagai pertama di dunia ini diungkap pada sebuah acara peluncuran Huawei Winter Flagship pekan lalu. Huawei tidak hanya merilis Huawei P50 Pocket, pesaing ponsel flip premium Samsung Galaxy Z Flip 3, tetapi raksasa teknologi Tiongkok itu juga telah meluncurkan kendaraan SUV hybrid listrik di Tiongkok yang disebut Huawei AITO M5 Smart Car.

Huawei AITO M5 adalah SUV hybrid plug-in listrik pintar pertama AITO, sebuah langkah berani oleh mereka dalam usahanya memasuki pasar kendaraan listrik Tiongkok.

Terinspirasi oleh Porsche Macan, desainnya sangat ramping dan modern, dengan interior yang lapang untuk berbagai keperluan. SUV tersebut dikembangkan bersama oleh Huawei dan bersama dengan merek Tiongkok lainnya, Seres, yang berada di bawah perusahaan konglomerat Chongqing Sokon.

Namun, fitur unik dan menonjol dari mobil pintar Huawei AITO M5, adalah ia hadir dengan sistem operasi internal Huawei sendiri yakni HarmonyOS. Jika Anda tidak mengetahui HarmonyOS, fungsi utama HarmonyOS adalah menyediakan integrasi tanpa batas untuk produk Huawei IoT yang mencakup ponsel cerdas, laptop, jam tangan pintar, dan mulai yang terbaru, juga untuk mobil pintarnya.

Dalam pengumuman pers baru-baru ini, Yu Chengdong, Wakil Presiden Senior Huawei dan CEO Divisi Mobil Cerdas Huawei, menyebutkan bahwa Huawei telah mengembangkan kunci mobil digital yang didukung Bluetooth dan NFC pertama di industri untuk mobil pintar AITO M5 yang baru diumumkan.

Yu menjelaskan bahwa pada smartphone yang didukung HarmonyOS 2.0, kunci mobil pintar digital terletak di dalam aplikasi Huawei Wallet. Dengan kunci digital, pengguna dapat melakukan hampir semua hal yang dilakukan sepasang kunci mobil fisik, tanpa harus khawatir kehilangan kunci atau menemukan kunci selama keadaan darurat.

Untuk mengilustrasikan teknologi ini, kunci mobil digital menggunakan bluetooth untuk membuka dan mengunci mobil dari jarak jauh. Jika bluetooth tidak berfungsi atau baterai ponsel habis, kunci mobil juga mendukung NFC (bahkan tanpa baterai ponsel) untuk membuka kunci mobil. Sehingga pemilik tetap memiliki akses ke mobil meskipun Bluetooth tidak berfungsi.

Enkripsi NFC dan bluetooth dari kunci digital juga hadir di mobil pintar. Itu sesuai dengan standar ICCE di Tiongkok serta keselamatan jalan dan privasi pengemudi mobil dan penumpang.

Topik Menarik