Biaya Umrah di 2022 Mengalami Perubahan, Segini Harga Resminya

Biaya Umrah di 2022 Mengalami Perubahan, Segini Harga Resminya

Nasional | koran-jakarta.com | Selasa, 11 Januari 2022 - 11:55
share

Dibuka kembali pemberangkatan ibadah haji dan umroh di tengah pandemi pada awal tahun 2022. Harga paket umroh 2022 pun memiliki perbedaan dari sebelumnya, ini penjelasan harga sesuai standar Kemenag RI.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, akhir pekan lalu telah melepas sebanyak 419 jemaah umroh Indonesia pada Sabtu (8/1), seperti ditampilkan dari laman situs resmi milik kemenag RI.

Dalam peningkatan kualitas layanan dan perlindungan jemaah ditengah Covid-19, Kemenag terus berupaya membuat finalisasi regulasi tentang penyelenggaraan umrah di masa pandemi.

Dasar kebijakan tersebut utamanya terkait integrasi sistem dengan pemerintah Arab Saudi. Kemenag RI memaparkan biaya umrah selama pandemi Covid-19 pada 2022 berkisar Rp28 juta.

Untuk harga paket umrah pada tahun ini membengkak karena adanya berbagai aturan yang harus dibatasi kapasitasnya, mulai dari bus hingga kamar hotel sehingga butuh biaya tambahan.

Sementara, Wakil Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Azhar Gazali mengonfirmasi telah ada jemaah yang diberangkatkan.

"Pengusaha travel sudah mulai terima pesanan, sudah ada 414 jemaah yang terbang, mereka saat ini sedang berada di madinah," katanya.

Tidak memiliki perbedaan dengan Syam, dirinya pun menyebut harga yang dipatok sesuai dengan rekomendasi pemerintah . Namun demikian, itu tak termasuk biaya tes Covid-19 seperti PCR dan karantina.

"Paket yang disediakan sesuai dengan refernesi dengan harga Rp 28 juta minimal. Itu belum termasuk pcr karantina dan segala macam," terangnya.

"Jadi kenaikan harga itu disebabkan karena adanya penyesuaian terhadap prokes dan karantina," ujarnya.

Topik Menarik