6 Makanan Kaya Vitamin A Baik Dikonsumsi Setiap Hari

6 Makanan Kaya Vitamin A Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Nasional | republika | Senin, 10 Januari 2022 - 21:38
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vitamin A memiliki peran penting dalam mendukung penglihatan dan kesehatan mata. Akan tetapi vitamin A juga memiliki peran penting lainnya untuk tubuh.

Misalnya, vitamin A dapat mengurangi peradangan, menjaga sel-sel kulit tetap sehat, membantu mencegah kanker, meningkatkan fungsi sistem kekebalan, melindungi tulang, dan diperlukan untuk fungsi reproduksi normal. Seperti vitamin D, E, dan K, vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak. Sehingga penyerapannya meningkat ketika makanan tinggi vitamin A dikonsumsi bersama lemak dan minyak.

Ada dua bentuk vitamin A yang ditemukan dalam makanan. Vitamin A yang terbentuk sebelumnya ditemukan dalam makanan hewani tertentu seperti hati dan ikan. Sedangkan karotenoid, seperti beta-karoten yang memberikan pigmen oranye karakteristik pada wortel dan ubi jalar, ditemukan dalam makanan nabati.

Karotenoid diubah menjadi bentuk aktif vitamin A dalam tubuh. Nilai harian vitamin A bagi kebanyakan pria adalah 900 mcg, dan kebutuhan ini biasanya dapat dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai makanan tinggi vitamin A.

Berikutenam makanan kaya vitamin A untuk menjaga mata, kulit, sistem kekebalan, dan hormon agar berfungsi secara optimal, seperti dilansir dari The Manual, Senin (10/1/2022).

1. Wortel

Wortel tentu saja merupakan salah satu sayuran akar yang paling populer dan tinggi vitamin A. Sayuran yang manis dan serbaguna ini menyimpan nutrisi untuk tanaman, sehingga wortel kaya akan mineral seperti potasium, serta vitamin A, C, dan K. Satu wortel berukuran sedang mengandung sekitar 45 persen dari nilai harian vitamin A. Sementara satu cangkir wortel matang dikemas dengan 1.329 mcg, yang kira-kira 1,5 kali nilai harian.

2. Tuna

Vitamin A biasanya terkandung dalam produk hewani tertentu. Termasuk tuna segar menjadi salah satu sumber terbaik. Filet enam ons memiliki 1.287 mcg, yang merupakan 143 persen dari nilai harian. Tuna juga tinggi vitamin E, protein, selenium, magnesium, biotin, dan vitamin B12 di antara nutrisi penting lainnya. Ikan dan kerang lain yang kaya vitamin A termasuk belut, kerang, dan makarel.

3. Ubi

Anda akan menikmati banyak manfaat kesehatan dari makan ubi jalar, sebab terdapat kandungan beta-karoten yang tinggi. Ubi jalar dapat mendukung penglihatan, sistem kekebalan, dan karbohidrat kompleks berikut serat prebiotik. Itu juga dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan mengurangi sekresi insulin. Ubi jalar panggang berukuran sedang akan memberi Anda hampir 125 persen dari nilai harian vitamin A, bersama dengan banyak vitamin C dan beberapa potasium.

Topik Menarik