5 Cara memulai bisnis dengan modal kecil, bisa untung besar

Nasional | brilio.net | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 22:00
5 Cara memulai bisnis dengan modal kecil, bisa untung besar

Brilio.net - Saat ini banyak anak muda maupun orangtua yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha sukses. Tak sedikit yang memilih menjadi wirausaha dibandingkan bekerja di kantor. Karena memiliki usaha sendiri bisa menjadi cara lain untuk menambah pendapatan dan penghasilan.

Namun, banyak orang ragu saat ingin menjalankan usaha atau bisnis karena tidak memiliki modal yang cukup. Ya, dalam membangun bisnis, dibutuhkan tekad yang kuat untuk menjadi sukses dan modal yang cukup sesuai usaha yang akan dirintis.

Umumnya ketika berbicara tentang modal, seseorang pasti berpikiran harus memiliki uang yang banyak. Padahal, memulai bisnis tidak melulu harus memiliki modal yang besar. Dengan mengetahui cara memulai bisnis yang benar, kamu dapat menjalankan bisnis hanya dengan modal kecil.

Lalu, bagaimana caranya membangun usaha atau bisnis dengan modal kecil? Berikut 5 cara memulai bisnis dengan modal kecil, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (9/1)

1. Siapkan model bisnis yang akan dibangun.

foto: freepik.com

Salah satu cara memulai bisnis yang paling pokok adalah mempersiapkan model bisnis yang akan dijalankan. Tentukan model bisnis apa yang akan akan kamu jalankan nanti. Cari tahu informasi bisnis yang sedang berkembang, lalu rencanakan dengan matang.

Sebelum mengeksekusi bisnis yang akan kamu jalankan, tentukan jenis bisnis yang akan dijalankan secara konkret. Setelah itu, kamu dapat melakukan langkah awal yang paling krusial, seperti menentukan budget, target pemasukan, hingga strategi pemasaran.

2. Kreatif dan inovatif.

foto: freepik.com

Pada umumnya karakter pengusaha adalah cepat bosan dengan rutinitas dan berani ambil risiko. Selain itu mereka juga berjiwa pemimpin, kreatif, inovatif, memiliki pertemanan yang luas serta memiliki insting yang bagus. Seorang yang memiliki bakat pebisnis biasanya tidak takut dalam mengambil risiko dan berani mencoba hal baru demi inovasi bisnisnya.

Biasanya mereka juga akan mengubah segala kekurangan menjadi sebuah peluang yang menguntungkan. Seorang pengusahan harus mampu memberikan ide-ide kreatif serta gampang mencari solusi sendiri untuk berbagai urusan. Ingat kreatif serta memiliki keberanian untuk tampil beda dan inovasi produk dibutuhkan dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha.

3. Proses produksi.

foto: freepik.com

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan selalu membuat perencanaan dan strategi agar dapat menghasilkan produk atau layanan yang diinginkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, membutuhkan proses bisnis yang akan memberdayakan seluruh sumber daya perusahaan. Tentu saja, setiap perusahaan memiliki proses bisnis yang berbeda-beda.

Proses bisnis adalah inti dari seluruh aktivitas yang ada di dalam perusahaan atau organisasi. Proses bisnis merupakan serangkaian strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan konkret. Biasanya, hal ini terkait dengan produk atau layanan yang akan dihasilkan perusahaan atau organisasi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memulai tahap produksi, di antaranya menerapkan standar kualitas produk, menentukan supplier, dan gencarkan promosi.

4. Promosi.

foto: freepik.com

Cara memulai bisnis dengan modal kecil selanjutnya, yaitu memperkenalkan produk kepada calon konsumen dengan cara promosi. Dengan melancarkan strategi marketing, konsumen akan lebih familiar dengan produk dan akan menjadi pelanggan.

Terdapat beberapa cara untuk mempromosikan bisnismu, seperti aktif promosi di media sosial dan memaksimalkan digital marketing lainnya. Cara ini akan lebih efektif untuk menjangkau semua konsumen.

5. Tingkatkan penjualan.

foto: freepik.com

Setelah promosi berhasil, cara memulai bisnis dengan modal kecil lainnya, yaitu meningkatkan penjualan. Caranya mudah, luncurkan produk atau layanan baru secara kualitas maupun kuantitas. Dengan memperkaya variasi produk, sama dengan bisnis kamu naik ke next level.

Selain itu, kamu juga bisa menarik konsumen dengan promosi, seperti menjual paket bundling produk, promo buy 1 get 1, dan lainnya. Dengan begitu, penjualan atau pelayanan kamu akan jauh lebih diminati para konsumen.


- Ide usaha dengan modal kecil.

foto: freepik.com

Adapun beberapa usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil yakni sebagai berikut.

1. Buka toko online/dropship.
2. Jual aksesosis handmade.
3. Jasa cuci sepatu.
4. Usaha camilan.
5. Jasa pengetikan.
6. Desain grafis.
7. Laundry.
8. Jadi reseller.
9. Usaha minuman kekinian.

Artikel Asli