Pilih Ketua Umum Baru, KNPI Segera Gelar Kongres

Nasional | sindonews | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 21:48
Pilih Ketua Umum Baru, KNPI Segera Gelar Kongres

JAKARTA - Sesuai hasil Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) pada pertengahan Desember 2021, Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI ) wajib menggelar Kongres Pemuda XVI selambat-lambatnya Mei 2022. Sebagai penyelenggara yang sah adalah KNPI di bawah pimpinan Ketua Umum Haris Pratama.

"Dalam konstitusi (AD/ART) KNPI, satu-satunya KNPI yang berhak mengadakan Kongres hanyalah KNPI di bawah pimpinan Ketua Umum Haris Pertama," kata Ketua Penyelenggara Kongres Pemuda/KNPI XVI, Amin Ngabalin

dalam konferensi pers di Kantor DPP KNPI, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (9/1/2022).

Karena itu, dia menegaskan bahwa Kongres yang akan diselenggarakan oleh pihak lain tidak sah. "Sudah benar ada niat yang baik tapi harus sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga juga," katanya.

Menurut Amin, ada beberapa daerah yang menjadi kandidat tuan rumah Kongres. Di antaranya Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kita akan melakukan roadshow untuk melihat kesiapan dari masing-masing daerah ini sebagai tuan rumah. Kita akan awali dengan Maluku Utara," kata Waketum DPP KNPI ini.

Sementara itu, Ketua Steering Commite, Choir Sarifuddin menegaskan, pihaknya sangat siap menyelenggarakan Kongres Pemuda/KNPI XVI. Menurut Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP KNPI ini, pihaknya akan mengundang seluruh peserta yang sah menurut Kongres sebelumnya. Semua peserta akan diverifikasi oleh Tim Verifikasi OKP.

"Jadi semua pihak terkait akan kita undang untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi kepesertaan," kata Choir.

Artikel Asli