Buka Kelas Sertifikasi CFP, Mahasiswa UK Petra Siap Hadapi Dunia Kerja

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 21:56
Buka Kelas Sertifikasi CFP, Mahasiswa UK Petra Siap Hadapi Dunia Kerja

JawaPos.com Program Finance and Investment Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja. Salah satunya melalui kerja sama Program Finance and Investment dengan Financial Planning Standard Board (FPSB) Indonesia.

Program ini disebut juga dengan Finest Program . Dalam program ini, mahasiswa belajar tentang keuangan dan investasi. Kerja sama dengan lembaga profesi keuangan memungkinkan mahasiswa dapat memilih beberapa kelas sertifikasi yang ada, ujar Ketua

Program Finance and Investment UK Petra Mariana.

CFP atau certified financial planner adalah salah satu kelas sertifikasi pendidikan profesi perencana keuangan yang dapat dipilih mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar tentang dunia profesi keuangan. Khususnya tentang profesi perencana keuangan. CFP dibawahi FPSB Indonesia atau Financial Planning Standard Board Indonesia.

Menurut Mariana, kerja sama yang telah berjalan sejak 2005 dapat membawa mahasiswa meraih gelar CFP. Gelar CFP diakui secara internasional atau international recognition , sehingga berlaku dan diakui di luar Indonesia.

Chairman of FPSB Indonesia Tri Djoko Santoso mengatakan, profesi perencana keuangan telah menjadi tren terbaru bagi generasi muda. Berdasar data FPSB Indonesia, terdapat kenaikan jumlah orang yang mengambil sertifikasi perencanaan keuangan yang tumbuh rata-rata 20 persen per tahun sejak 2017.

Pertumbuhan disebabkan lebih banyak orang Indonesia yang didominasi kelompok generasi Y dan X yang lebih peduli pada keuangan mereka sekarang dan masa depan, tutur Tri pada Minggu (9/1).

Menurut Tri, mahasiswa perlu belajar menjadi financial planner sebelum lulus. Sertifikasi perencanaan keuangan didominasi orang muda 22 sampai dengan 35 tahun. Orang-orang muda perlu belajar keuangan sejak dini dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi atau melalui pelatihan dan sosial media.

Menilik dari populasi demografi Indonesia generasi Y dan Z, mereka yang saat ini masih kuliah akan menjadi tulang punggung perencana keuangan di Indonesia pada masa depan, jelas Tri.

Sementara itu, Kepala Bidang Personal Finance, Program Finest UK Petra Nanik Linawati mengatakan, pada situasi pandemi, peran financial planner sangat penting. Sebab, masyarakat sudah tidak lagi hidup dalam situasi normal seperti saat sebelum pandemi.

Kehidupan keuangan jadi makinsulit, akibat penurunan pendapatan ataupun ketidakpastian jumlah pendapatan yang diperoleh. Padahal pengeluaran tidak bisa dengan mudah dikurangi secara tiba-tiba dalam jumlah yang besar, urai Nanik.

Menurut Nanik, kondisi itu membuat peran financial planner dapat memberikan alternatif solusi yang praktis untuk memilah melalui dialog dengan klien, pos-pos keuangan mana saja yang dapat dihilangkan, pos-pos pengeluaran mana saja yang harus dikurangi, dan mendiskusikan jalan keluar.Mahasiswa yang sedang hidup pada era digital yang diwarnai ketidakpastian terkait pendapatan ( income ) yang fluktuatif bahkan tidak pasti. Mahasiswa perlu dipersiapkan melalui bekal pengetahuan perencanaan keuangan yang komprehensif dan detil, jelas Nanik.

Kelas CFP pada Program Finance and Investment UK Petra disebut Nanik, memberikan pengetahuan perencanaan keuangan pribadi yang komprehensif dan detail disertai contoh-contoh penerapan praktis masa kini. CFP terafiliasi dengan Certified Financial Planner di Asia bahkan di dunia.

Afiliasi ini memungkinkan mahasiswa program finest UK Petra yang bersertifikasi CFP untuk berprofesi sebagai CFP di dalam dan luar Indonesia, papar Nanik.

CFP memiliki program continuing education . Anggota CFP aktif secara berkelanjutan memperoleh update terkait pengetahuan dan solusi untuk menghadapi persoalan manajemen keuangan pribadi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Mahasiswa program finest UK Petra yang merupakan lulusan CFP menyatakan memperoleh manfaat setelah menyelesaikan kelas pendidikan sertifikasi CFP. Mahasiswa Finest UK Petra yang merupakan lulusan CFP diharapkan menjadi agent of change bagi komunitasnya, sehingga kebiasaan perilaku bijak keuangan akan semakin dikenal dan dipahami masyarakat, ucap Nanik.

Artikel Asli