Operasi Nanoknife Sembuhkan Ribuan Pria di Inggris dari Kanker Prostat

Nasional | republika | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 20:02
Operasi Nanoknife Sembuhkan Ribuan Pria di Inggris dari Kanker Prostat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar baik bagi penderita kanker prostat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa operasi terbaru diklaim dapat menyembuhkan ribuan pria di Inggris penderita kanker prostat di Inggris.

Operasi dengan menggunakan arus listrik tersebut berfungsi untuk menghancurkan tumor yang sulit dijangkau. Terapi yang disebut Nanoknife ini disebut luar biasa karena dilakukan dengan sederhana dan cepat, serta memiliki lebih sedikit efek samping.

Ahli bedah di University College London Hospital (UCLH) telah menggunakan operasi Nanoknife untuk mengobati pasien kanker prostat. Pengobatan ini diserukan untuk uji coba prosedur yang lebih besar dan sudah digunakan untuk pengobatan kanker hati dan pankreas.

Proses operasi disebut elektroporasi ireversibel yang melibatkan pengiriman pulsa listrik ke tumor yang memotong membran sel. Gaya perawatan yang ditargetkan ini meningkatkan tingkat presisi sekaligus mengurangi risiko pada organ di sekitarnya.

Operasi ini bisa memakan waktu kurang dari satu jam dan pasien tidak perlu menginap. Pengobatan ini bisa membebaskan waktu dan ruang yang berharga di rumah sakit.

Kanker prostat diderita satu dari enam pria, dan lebih dari 50 ribu kasus ditemukan setiap tahun. Diagnosis penyakit ini turun hampir seperempat selama pandemi.

Profesor Mark Emberton, salah satu ahli bedah prostat terkemuka di negara Inggris, mengatakan, keindahan dari pengobatan ini adalah teknik sederhana untuk melatih ahli bedah. "Ini pengobatan yang luar biasa, sangat cepat, dan itu berarti kita bisa mencapai tumor yang berada di luar jangkauan pisau," ujarnya seperti dilansir dari The Daily Mail, Ahad (9/1/2022).

Alistair Grey, konsultan urolog yang memimpin operasi pertama, mengatakan hal menarik tentang perawatan ini adalah ketepatannya dalam menargetkan dan menyerang sel kanker tanpa merusak jaringan sehat. Dengan demikian, opeasi ini bisa mempertahankan fungsi penting prostat.

Artikel Asli