Wagub Jatim Sidak Stok Bahan Pokok, Pastikan Harga Bapok Aman

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 19:00
Wagub Jatim Sidak Stok Bahan Pokok, Pastikan Harga Bapok Aman

JawaPos.com Kenaikan harga bahan pokok (bapok) di Jawa Timur membuat Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak melakukan sidak ke Pasar Sukomoro, Nganjuk. Meski harga bapok tinggi, harga bawang merah turun drastis.

Wagub Emil memastikan, saat ini, harga bawang merah di Pasar Sukomoro mengalami penurunan harga karena sudah memasuki bulan panen. Kami tadi sempat berbincang dengan pedagang, mereka mengeluhkan harga bawang merah yang naik turun. Para pedagang juga membutuhkan permodalan yang baik, terang Emil pada Minggu (9/1).

Dia mengatakan, terkait fluktuasi harga yang saat ini terjadi merupakan hal yang memang sering terjadi, berbeda jika harga sedang merosot. Jadi ini pas bulan panen, kebetulan daerah lain juga lagi panen. Tadi Kepala Disperindag Provinsi Jawa Timur sudah kami hubungi, nanti koordinasi dengan Disdag Nganjuk, jelas Emil.

Emil mengatakan, beberapa penjual menyebut penurunan harga bawang merah karena turunnya harga modal.Tadi ada yang bilang masalahnya di modal, tapi kalau masalahnya di fluktuasi harga ini kan realita namanya, tapi bagaimana kita menyangga kalau harganya lagi jatuh, ujar Emil.

Sementara itu, beberapa pedagang cukup heboh ketika Emil datang. Sebab, Emil sempat ke pasar tersebut saat kampanye.

Wah ada Pak Emil, dulu juga pernah ke sini, eh sekarang sudah jadi wagub ya, Pak, ucap salah satu pedagang pasar.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nganjuk Haris Jatmiko menjelaskan, situasi harga bawang merah mengalami fluktuasi. Hal itu terjadi dalam waktu yang terhitung cepat.

Memang untuk situasi saat ini harga naik turun, kecenderungan lebih turun, beberapa hari naik katakan 10 ribu, saat ini turun menjadi Rp 8 ribu Rp 9 ribu, tutur Haris.

Itupun pergantian harga terhitungan cepat, jadi gak bisa bertahan lima sampai seminggu, terkadang dalam tenggat waktu singkat harga sudah berubah lagi, sambung dia.

Berdasarkan laman Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok, per 6 Januari, harga rata-rata Jawa Timur adalah Rp 23.017. Harga rata-rata tertinggi di Kota Surabaya Rp 26.600 dan harga rata-rata terendah di Kabupaten Jombang Rp 18.000.

Artikel Asli