Ratusan Warga Ikuti Donor Darah Massal di Kota Sukabumi

Nasional | republika | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 18:50
Ratusan Warga Ikuti Donor Darah Massal di Kota Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI Ratusan warga mengikuti kegiatan donor darah massal di Kota Sukabumi, Ahad (9/1). Sumbangan darah dari warga ini akan menambah stok labu darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan donor darah kali ini digelar Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) Cabang Kota Sukabumi di Sekretariat Inti, Danalaga Square. Pada kegiatan ini, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi bersama Kepala Polres Sukabumi Kota AKBP Zainal Abidin ikut menyumbangkan darahnya.

Fahmi diketahui rutin menjadi donor darah. Kebetulan kali ini sudah waktunya ia kembali menyumbangkan darahnya. Kami mengapresiasi kegiatan donor darah ini, dan tercatat 600 orang peserta, ujar Fahmi.

Ketua Panitia Kegiatan Donor Darah dari Inti Sukabumi, Ivan, mengatakan, melihat jumlah warga yang mendaftar mencapai ratusan orang, kegiatan donor darah ini melibatkan PMI Kota dan Kabupaten Sukabumi. Lewat kegiatan donor darah ini, ia melihat semuanya bersatu dalam aksi kemanusiaan untuk membantu sesama.

Perwakilan Inti Sukabumi, Lily, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengampanyekan donor darah bagi warga Kota dan Kabupaten Sukabumi. Untuk menarik minat warga menjadi donor darah, kata dia, pada kegiatan ini ada door prize yang disiapkan dari dana tanggung jawab sosial perusahaan.

Hadiah yang disiapkan, antara lain sepeda motor, lemari es, dan mesin cuci. Dengan kegiatan ini, kata dia, diharapkan makin banyak warga yang menjadi donor pemula, dan memotivasi warga untuk rutin menyumbangkan darahnya.

Menurut Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo, Perhimpunan Inti rutin menggelar kegiatan donor darah. Ia mengapresiasi kegiatan kali ini bisa diikuti peserta sampai mencapai sekitar 600 orang. Biasanya, kata dia, jumlah donor ini hanya sekitar 200-300 orang.

Atas nama PMI, Suranto, menyampaikan terima kasih kepada panitia dan pihak lainnya yang ikut mengajak warga untuk menyumbangkan darah atau menjadi donor pemula. Donor darah sebagai salah satu cara menyehatkan diri, baik donornya dan yang mendapatkan transfusi darah, ujar Suranto.

Perwakilan PMI Kabupaten Sukabumi, Ricky Julian, melihat antusiasme warga untuk menyumbangkan darahnya pada kegiatan yang digelar Perhimpunan Inti ini. Semoga berlangsung lebih banyak pesertanya dan terus-menerus, sehingga kebutuhan darah dapat terpenuhi, katanya.

Artikel Asli