Kreatif, Pria Asal Kediri Olah Limbah Bambu menjadi Kerajinan

Nasional | jatimtimes.com | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 18:26
Kreatif, Pria Asal Kediri Olah Limbah Bambu menjadi Kerajinan

JATIMTIMES - Bagi sebagian orang, limbah industri bambu mungkin hanya dianggap tumpukan sampah tak berguna. Namun, bagi sejumlah pelaku usaha kerajinan tangan, sisa limbah bambu yang biasanya berakhir di tungku pembakaran itu diolah menjadi sebuah kerajinan bernilai jual tinggi.

Imam Suhadi namanya, lewat kreativitasnya, Imam mampu membuat limbah bambu menjadi sebuah songkok khas Probolinggo.

Berada di rumahnya, yang terletak di Dusun Jatirejo, Desa Kanigoro, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Imam menjalankan usahanya itu dibantu dengan keluarganya.

Usaha yang dirintis dari tahun 2019 itu, kini Imam telah memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Diantaranya, Surabaya, Probolinggo, Madura, Medan hingga Jakarta.

Imam mengaku, dirinya mampu membuat kurang lebih 6 songkok unik dalam kurun waktu sehari. Semua proses pembuatannya itu ia kerjakan secara manual. Mulai dari proses memotong bambu, menganyam, hingga proses finishing pembuatan songkok.

Lebih lanjut, Imam mengatakan, jika keahliannya dalam membuat songkok itu memang tak lepas dari ilmu yang didapatkannya melalui pelatihan di Probolinggo secara langsung.

"Ilmu pembuatan songkok itu saya dapat saat saya mengikuti pelatihan di sana (Probolinggo). Kebetulan saat itu memang saya menjadi guru seni rupa di sana. Tapi karena sudah pensiun di tahun 2019, pada akhirnya di tahun itu pula saya pulang rumah ke Kediri dan membuat songkok ini," ujarnya.

Untuk harga songkok buatan Imam ini dihargai Rp 40 ribu rupiah per satuannya.

Artikel Asli