Ingin Lolos SBMPTN 2022, Siswa Didorong Ikut Bimbel

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 16:35
Ingin Lolos SBMPTN 2022, Siswa Didorong Ikut Bimbel

JawaPos.com Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 segera dibuka. SBMPTN tahun ini bahkan bisa diikuti oleh siswa lulusan 2020 dan 2021.

Tak sedikit banyak siswa yang menunda masuk perguruan tinggi setelah lulus jenjang SMA atau sederajat. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai alasan, mulai dari kesiapan diri hingga ekonomi.

Yang lulus 2020-2021 yang akan mengikuti UTBK SBMPTN harus membuat akun LTMPT baru, jadi yang kemarin (akun lama yang pernah dibuat) tidak berlaku, kata Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo, Minggu (9/1).

Pembuatan akun baru LTMPT penting dilakukan karena adanya perubahan sistem. Terutama perubahan pada data pokok pendidikan (Dapodik).

Pembuatan akun LTMPT bisa dilakukan mulai 14 Februari sampai 17 Maret 2022. Proses sosialisasi UTBK SBMPTN dimulai pada 1 Desember 2021 sampai 15 April 2022. Kemudian pelaksanaan UTBK gelombang I yakni 17-23 Maret 2022, dan gelombang II 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022. Sedangkan pengumuman hasil pada 23 Juni 2021. Terakhir jadwal masa unduh setifikat dilakukan pada 25 Juni sampai 31 Juli 2021.

Guna menunjang UTBK SBMPTN tersebut, Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) Nurul Fikri (NF) Juara turut menyediakan belajar gratis. Hal ini untuk membantu para siswa masuk ke perguruan tinggi favorit.

Karena NF juara memang bimbel online, kita pengen juga nih mensupport siswa di event itu. Dari mulai persiapannya kita bantu dan juga kita berikan tipsnya, jadwal dan segala macam yang berhubungan dengan persiapan UTBK, kata CEO NF Juara, Gatra.

Gatra mengatakan, layanan persiapan UTBK kepada siswa SMA atau sederajat ini sudah bisa didapatkan mulai 9 Januari 2022.

Jadi memang kita menyiapkan sebanyak-banyaknya TO (try out) sampai dengan nggak ada waktu kosong karena terus TO, dan harapannya ada improvement dari mereka hingga mereka bisa lulus di PTN yang mereka tuju, imbuhnya.

Untuk mendapat belajar gratis ini cukup dengan masuk ke website NF Juara, atau download aplikasi NF Juara di Play Store. Siswa bisa mendapatkan sejumlah layanan gratis, mulai dari materi UTBK SBMPTN, mengikuti try out, bank soal, video belajar, hingga konsul dengan pengajar NF yang berpengalaman.

Ada di nfjuara.id/practice-makes-perfect/, nanti kelihatan practice makes perfect itu apa dan apa yang harus mereka lakukan. Nah, di situ ada beberapa hal, siswa bisa ikut try out gratis UTBK-nya atau akses gratis bimbel online-nya, seperti video pembelajaran dan yang lainnya, kata Gatra.

Melalui cara ini, siswa juga dapat belajar lebih intensif. Sehingga diharapankan setiap siswa dapat lebih matang dalam melakukan persiapan ujian.

Benar-benar waktunya intensif. Karena itu di tempat lain proses penilaian try out-nya itu bisa memakan waktu tiga hari lebih, kalau di NF Juara besoknya sudah bisa ada nilai, pungkas Gatra.

Artikel Asli