Kekerdilan Harus Turun 10 Persen

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 16:30
Kekerdilan Harus Turun 10 Persen

JAKARTA - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Hasto Wardoyo mengatakan pihaknya memiliki pekerjaan rumah menurunkan angka kekerdilan 10 persen dari 24,4 persen ke 14 persen pada 2024.

Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, mengatakan beberapa waktu lalu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian Kesehatan meluncurkan data kekerdilan terakhir yang angkanya turun menjadi 24,4 persen dari 27,7 persen atau turun tiga digit pada masa pandemi COVID-19.

"Presiden Joko Widodo menugaskan saya untuk menurunkan angka kekerdilan sampai angka 14 persen. Sehingga kami harus bergerak cepat di sisa waktu 2,5 tahun menurunkan angka kekerdilan dari 24,4 persen ke 14 persen," kata Hasto.

Ia mengatakan setiap tahun, BKKBN harus menurunkan angka kekerdilan sedikitnya 4 persen. Sekarang ini, BKKBN mewajibkan warga yang akan menikah melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti lingkar lengan atas, hemoglobin, sehat atau tidak. Kalau tidak sehat, anaknya berpotensi mengalami kekerdilan.

Artikel Asli