Gaji Jadi Karyawan Masih Kurang? Ini 6 Ide Usaha yang Bisa Dijalankan Pakai HP Saja

Nasional | republika | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 15:20
Gaji Jadi Karyawan Masih Kurang? Ini 6 Ide Usaha yang Bisa Dijalankan Pakai HP Saja
Ide usaha (foto: pixabay)
Ide usaha (foto: pixabay)

Karyawan atau pegawai adalah seseorang yang bekerja pada sebuah perusahaan atau kantor dan biasanya memiliki atasan. Menjadi karyawan memang selalu memiliki penghasilan dan waktu kerja yang tetap.

Akan tetapi, karyawan biasanya tidak memiliki pengalaman yang menarik jika dibandingkan menjadi seorang pengusaha. Selain itu, menjadi karyawan harus terima sering diperintah oleh atasan sehingga terkadang menjadi stres dan penuh tekanan apabila pekerjaan tidak optimal.

Sudah begitu, penghasilan yang didapat juga sering terasa pas-pasan dan kurang memenuhi kebutuhan. Bahkan karyawan sering terlilit utang untuk kebutuhan mendadak. Banyak pula karyawan yang belum bisa menabung dan berinvestasi. Begitulah rasa-rasanya kecapekan yang dirasakan seorang karyawan.

Jika Anda seorang karyawan dan sudah merasa capek serta menginginkan perubahan hidup. Inilah saatnya mengubah nasib. Anda harus berani membuka peluang usaha, baik untuk usaha sampingan maupun untuk pekerjaan tetap.

Peluang usaha pun bisa dilakukan bermodalkan handphone (HP) atau telepon genggam. Kira-kira apa saja peluang usaha yang bisa dijalankan oleh karyawan atau mantan karyawan?

Berikut enam ide usaha yang bisa dijalankan oleh karyawan atau mantan karyawan dengan hanya bermodalkan HP saja:

1. Menjadi reseller atau dropshipper

Usaha menjadi reseller atau dropshipper ini cocok dijalankan oleh karyawan yang suka cuap-cuap alias banyak omong. Anda tidak memerlukan modal besar dan tak butuh stok barang banyak jika menjalankan usaha ini. Pasalnya ada pihak dropshipper yang siap mengirim produk yang Anda jual. Anda bisa menjualnya secara online lewat HP. Anda cukup mengupload produk di platform sosial media dan marketplace lalu mempromosikan ke teman, tetangga, dan lain-lain.

Cara kerjanya adalah konsumen membeli produk Anda secara online, transfer uang ke Anda, Anda menghubungi dropshipper untuk mengirimkan produk ke Anda. Anda bisa melakukan cash on delivery (COD) dengan pembeli atau Anda mengirim paket produk ke pembeli. Selain itu, Anda bisa juga menjadi reseller produk-produk dengan brand ternama sehingga banyak diminati oleh pasar.

2. Menjadi pembooking tiket pesawat

Zaman sekarang membeli tiket pesawat bisa dilakukan secara online hanya pakai lewat HP saja. Kesempatan ini bisa Anda jadikan ladang usaha. Anda bisa memesan tiket pesawat untuk orang-orang yang membutuhkan. Apalagi kadang-kadang beberapa maskapai penerbangan memberikan harga tiket pesawat promo. Tentunya Anda tidak boleh kelewatan, terutama bagi yang suka traveling.

Selain jual jasa pemesanan tiket pesawat, Anda juga bisa menjual jasa tiket kereta api. Anda bisa menawarkan kepada tetangga, kerabat, teman terutama yang sudah tua karena ingin praktisnya saja.

3. Menjual second product (barang bekas) berkualitas

Lemari Anda sudah penuh rasanya, segera Anda lakukan pemilihan barang sekiranya mana saja yang tidak dibutuhkan. Selanjutnya Anda bisa membuka haul untuk menjual second produk milik Anda. Anda bisa mengunggah barang tersebut ke sosial media pakai HP.

Barang-barang bekas yang bisa dijual adalah clothes/pakaian, sepatu, tas, skincare, dan lain-lain. Namun yang perlu diperhatikan adalah pilihlah barang-barang dengan kondisi yang baik. Lebih baik lagi saat menjual barang tersebut, dilengkapi pula dengan keterangan mengenai kondisi barang.

4. Jualan pulsa

Anda bisa menjadi penjual pulsa. Apalagi sekarang ini jualan pulsa tidak memerlukan deposit terlebih dahulu. Carilah agen pulsa online yang menawarkan sistem seperti ini. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang tersedia. Dan selanjutnya Anda tinggal menawarkan jasa jual pulsa ke orang-orang di sekitar Anda.

Setiap transaksi pembelian pulsa, Anda akan mendapatkan komisi yang bisa ditukarkan menjadi saldo untuk berjualan pulsa kembali. Usaha ini bisa dijalankan lewat HP dan tidak perlu modal yang besar bahkan tanpa modal.

5. Main game yang menghasilkan uang

Jika Anda pecandu game, apalagi game online, hendaknya Anda mulai sekarang mulai mencari game-game yang menghasilkan uang. Anda bisa mempelajari sistem bagaimana caranya game tersebut menghasilkan uang. Kejar target yang ditentukan game-nya dan dapatkan keuntungan. Syaratnya, pekerjaan ini hanya dikerjakan untuk sampingan saja. Pasalnya hasil yang didapat tidak menentu.

6. Menjadi makelar produk maupun jasa

Makelar adalah perantara antara penjual dan pembeli. Anda bisa menjadi makelar untuk produk maupun jasa. Jika produk atau jasa yang Anda tawarkan dari penjual ada yang berminat dan deal pembayaran, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Artikel Asli