25 Orang di Siprus Kena Deltacron, Varian Gabungan Delta dan Omicron

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 15:05
25 Orang di Siprus Kena Deltacron, Varian Gabungan Delta dan Omicron

JawaPos.com Serangan varian Covid-19 Delta dan Omicron belum usai. Gawatnya, kini muncul varian baru lagi di negara Siprus. Sebanyak 25 warga di sana tertular varian bernama Deltacron.

Peneliti menemukan bahwa varian Deltacron adalah jenis varian Covid-19 gabungan varian Delta dan Omicron.

Sesuai laporan Bloomberg News , Profesor ilmu biologi di Universitas Siprus, Leondios Kostrikis, menyebut strain Deltacron memiliki ciri tanda genetik yang mirip Omicron dalam genom Delta. Sejauh ini, Kostrikis dan timnya telah menemukan 25 kasus virus.

Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah ada lebih banyak kasus dan apakah lebih parah, katanya seperti dilansir dari CNBC , Minggu (9/1).

Ia meminta dunia menunggu hasil penelitian lebih lanjut. Hal itu karena untuk penamaan varian harus diputuskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kita akan melihat di masa depan, apakah strain ini lebih patologis, atau lebih menular, atau apakah akan menang melawan Delta dan Omicron, kata Kostrikis dalam sebuah wawancara dengan Sigma TV.

Varian Deltacron muncul saat Omicron menyebar dan menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di seluruh dunia. AS melaporkan rata-rata tujuh hari lebih dari 600 ribu kasus baru menurut data Universitas Johns Hopkins. Bahkan sempat dalam satu hari AS mencatat rekor 1 juta kasus.

Artikel Asli