4 Hal Sederhana Agar Aki Motor Hondamu Tetap Awet

Nasional | lombokpost | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 14:50
4 Hal Sederhana Agar Aki Motor Hondamu Tetap Awet

Mataram Bateraij pada sepeda motor atau yang umum disebut aki merupakan kompenen vital dalam rangkaian sepeda motor. Pada motor injeksi 85% sumber listriknya berasal dari aki atau baterai sepeda motor. Dan 15% nya berasal dari spul sepeda motor. Perawatan aki sangatlah diperlukan agar kondisi motor tetap sehat dan aki tetap menyala. Tanpa adanya control atau perawatan yang rutin aki motor bisa soak. Maka salah satu cara agar aku tidak mudah soak yaitu dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Dan untuk meminimalisir aki agar tidak mudah soak, ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan oleh konsumen.

Technical Training Instructor Astra Motor NTB Alan Vikhta mengatakan, terdapat 4 hal yang perlu diperhatikan dalan merawat baterai atau aki sepeda motor.

Pertama Anda harus perhatikan kebersihan dari terminalnya, baik positif maupun negative. Karena disini terjadi oksidasi akan menimbulkan kerak kerak putih yang akan menghambat aliran listrik pada sepeda motor. Lalu yang kedua adalah perhatikan penggunaan aksesoris pada sepeda motor Honda kesayangan Anda. Aksesoris yang tidak standar pabrikan justru akan semakin menambah beban kerja dari aki seperti penambahan lampu ataupun penambahan tipe klakson pada sepeda motor Honda Anda. Ketiga adalah panaskan sepeda motor Anda secara rutin. Dengan rutin melakukan pemanasan pada mesin sepeda motor 2 atau 3 hari sekali, akan membuat sirkulasi oli mesin pada sepeda motor lebih optimal dan juga menjaga daya aki tetap 100%. Dan terakhir yang keempat, konsumen harus secara rutin tetap mengecek fisik ataupun daya dari aki, jelas Alan.

Apabila Anda kesulitan dalam melakukan pengecekan sendiri atau malas untuk ribet, Anda bisa langsung saja datang ke bengkel AHASS terdekat diwilayah Anda. Cek sepeda motor juga bisa gratis melalui layanan PIT Express. PIT Express kini hadir semakin dekat untuk konsumen setia sepeda motor Honda. Letaknya tepat di depan bengkel AHASS, jadi untuk kalian yang buru-buru sekalipun tetap bisa singgah sebentar untuk melakukan pengecekan pada sepeda motor Honda kesayangan Anda.

Jadi ingat selalu ya, untuk segala urusan perawatan sepeda motor Honda, percayakan hanya pada SANG AHLI yaitu Astra Honda Authorized Service Station yang telah memiliki peralatan berstandar jepang, tutup Alan. (*)

Artikel Asli