Komunitas Ojol Mataram Bantu Warga Terdampak Erupsi Semeru Lewat Baznas

Nasional | republika | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 14:48
Komunitas Ojol Mataram Bantu Warga Terdampak Erupsi Semeru Lewat Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Ojek Online (Ojol) Matraman yang tergabung dalam Paguyuban Matraman Bersatu (PMB) menyerahkan donasi kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebesar Rp 8.200.000 untuk membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang. Bantuan tersebut diserahkan oleh salah satu Admin Paguyuban Matraman Bersatu (PMB) Sudewo kepada Tim Layanan Aktif Baznas, di Kantor Baznas, Jakarta, Jumat (7/2) lalu.

Hal ini pun mendapat apresiasi dari Pimpinan Baznas RI, Rizaludin Kurniawan. "Kami mengucapkan terima kasih kepada para komunitas ojek online Mataraman melalui Paguyuban Matraman Bersatu (PMB) yang telah menunjukkan semangat kepeduliannya terhadap warga terdampak erupsi Semeru," katanya.

Rizaludin Kurniawan, mengatakan, pihaknya tidak menilai dari seberapa besar donasi yang diberikan, melainkan dari kerja keras dan semangat PMB untuk membantu sesama yang sedang mengalami kesulitan, ini merupakan contoh yang sangat baik.

"Semoga apa yang dilakukan para komunitas ojol Matraman ini mampu meningkatkan semangat masyarakat dalam menebar kebaikan melalui zakat dan donasi. Baznas juga berkomitmen akan menyalurkan bantuan ini secara tepat sasaran dan tepat manfaat," ujar Rizal.

Sementara itu, Admin Paguyuban Matraman Bersatu Sudewo mengatakan, awal kehadiran paaguyuban ini adalah untuk memperluas dan menjalin silaturahmi, persaudaraan, persahabatan, baik sesama ojol maupun masyarakat umum. "Kami sangat berduka saat mengetahui kabar duka dari saudara-saudara kita khususnya di Lumajang yang terdampak bencana erupsi Semeru. Lalu kami pun bergerak mengadakan pertemuan untuk melakukan aksi penggalangan dana di beberapa titik. Akhirnya kami melakukan aksi penggalangan dana tiga kali di wilayah sekitar Matraman, hingga di Jalan Slamet Riyadi," jelasnya.

Untuk memaksimalkan donasi yang didapatkan, Sudewo menambahkan, pihaknya juga mengajukan proposal terhadap komunitas-komunitas ojol, karena di Matraman sendiri terdapat komunitas ojol lain. "Sehingga akhirnya, rekan dari komunitas lain pun menyisihkan dana untuk penggalangan dana ini dan menyerahkannya kepada admin PMB," ujarnya.

Dia menjelaskan, setelah dana terkumpul, PMB mencari kantor-kantor yang membuka penggalangan dana untuk korban erupsi Semeru. "Akhirnya, kami mendapat rekomendasi dari BNPB untuk menyalurkan donasi ini kepada Baznas. Kami juga yakin dan percaya Baznas merupakan pilihan yang tepat untuk menyalurkan donasi ini," katanya.

Sudewo berharap, Baznas dapat menyalurkan bantuan ini tepat sasaran terhadap saudara-saudara yang membutuhkan, karena ini juga amanah dari rekan-rekan komunitas ojol di Matraman. "Kami semua mempercayakan donasi ini kepada Baznas, Insya Allah dapat tersalurkan dengan baik. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas yang mau menerima dan bekerja sama dengan kami," ujarnya.

Artikel Asli