Bangga Tanah Air, Kain Batik Menggema di Perth Australia

Nasional | sindonews | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 13:47
Bangga Tanah Air, Kain Batik Menggema di Perth Australia

JAKARTA - Sejumlah warga Indonesia yang merantau dan tinggal di Perth, Australia mengenakan batik saat merayakan Hari Ibu. Perayaan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan perempuan Indonesia.

Pemerhati dan pecinta wastra Indonesia di Perth, Lolita Hall menggagas perayaan Hari Ibu dengan menggelar acara 'Kelana Batik 3 Negeri' di kediamannya di Willetton.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Dharma Wanita Persatuan KJRI Perth dan Diaspora IDN-WA. Lolita menggandeng Hartono Sumarsonosang kolektor batik di Jakarta sebagai narasumber pembicara secara virtual mengenai Selayang Pandangbatik 3 Negeri.

Ditampilkan pula peragaan 30 kain panjang batik 3 negeri koleksi pribadi Lolita Hall yang diperagakan oleh ibu ibu dari berbagai kalangan pecinta wastra yang berada di Perth.

Peringatan Hari Ibu di kota Perth ini juga dihadiri oleh Konsul Jenderal yang baru bertugas di Perth, Listiana Operananta.

Pagelaran juga dihadiri pendiri Museum Benteng Heritage Udaya Halim, Presiden Diaspora IDN-WA Jubaidi Anwar, pendiri PIC Perth Indonesian Community Astit Ozlowy, serta Pak Lurah Arek Jatim di Perth Bramante Perkasa.

"Semoga di masa datang kerja sama Ibu Lolita dengan KJRI Perth untuk memperluas lagi pengenalan berbagai batik dan wastra semakin baik," kata Listiana Operananta dalam keterangan tertulisnya dikutip, Minggu (9/1/2022).

Sementara Vice President Indonesian Diaspora Business Council Astrid Vasille menyatakan terima kasih atas pagelaran Kelana Batik 3 Negeri. "Senang dapat melihat semua koleksi Batik 3 Negeri. Sangat menambah wawasan saya dan ikut bangga sebagai orang Indonesia mengenal Batik 3 Negeri yg sudah merupakan salah satu warisan dunia," katanya.

Artikel Asli