Akuntan Publik Perlu Punya Kemampuan Investigasi

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 13:29
Akuntan Publik Perlu Punya Kemampuan Investigasi

JawaPos.com Seorang akuntan publik tak cuma dituntut memiliki kecakapan dalam hal mengulas informasi keuangan semata. Mereka mestu memiliki kemampuan investigasi keuangan.

Kemampuan ini nantinya bisa membantu jaksa dalam melakukan pembuktian terhadap sebuah kasus pidana yang melibatkan keuangan. Hal ini menjadi sorotanInstitut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dalam meningkatkan kompetensi para akuntan publik.

Sejak 21 Desember lalu, IAPI menggelar pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi di Jakarta. Pendidikan akan berlangsung sampai 25 Januari 2022 mendatang. Ada 71 peserta yang ikut serta dalam sertifikasi ini.

Dalam pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi ini, IAPI menghadirkan narasumber yang kompeten dalam dunia investigasi. Di antaranya dari Kejaksaan Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Akademisi, dan internal IAPI sendiri.

Pendidikan ini dikemas dengan tidak hanya menyajikan teori semata, tetapi dilengkapi dengan role play untuk memberikan gambaran lebih jelas terkait dunia investigasi keuangan. Peserta juga diminta membuat karya tulis yang wajib diserahkan kepada IAPI.

Ini adalah wujud konkret kami untuk mendapatkan akuntan publik yang memiliki kompetensi dan komitmen etika profesi yang tinggi untuk melaksanakan perikatan investigasi yang berkualitas, serta memberikan nilai tambah bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan dan penetapan kebijakan yang berkaitan dengan penanganan masalah, kasus, atau perkara atas penyimpangan keuangan, tutur Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja dalam keterangan resmi yang diterima.

Hendang melanjutkan, IAPI juga telah menerbitkan Standar Jasa Investigasi yang merupakan standar minimum bagi akuntan publik dan kantor akuntan publik termasuk pihak terasosiasi yang melaksanakan perikatan-perikatan jasa investigasi. Pihak-pihak ini terdiri dari Pemeriksaan Investigatif, Penghitungan Kerugian Keuangan, dan Pemberian Keterangan Ahli.

Sementara itu, Pengurus IAPI yang membidangi Komite Jasa Investigasi Jamaluddin Iskak menambahkan, kemampuan investigasi seorang akuntan publik akan memperkuat peran strategis mereka dalam menjalankan amanah kepercayaan publik. Khususnya di bidang keuangan dan investasi, ujarnya.

Artikel Asli