Piala Afrika: Bertemunya Ambisi Samuel Eto’o dan Mo Salah

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 11:02
Piala Afrika: Bertemunya Ambisi Samuel Eto’o dan Mo Salah

JawaPos.com Samuel Etoo dan Mo Salah merupakan pemain asal Benua Afrika yang menggila ketika tampil di kompetisi Eropa.

Etoo bersama FC Barcelona dan Inter Milan. Selain memenangi titel domestik, dia juga meraih trofi Liga Champions.

Salah pun melakukan hal yang sama bersama Liverpool FC.

Dan di bulan ini, Etoo berambisi menyaksikan Les Lions Indomptables (julukan timnas Kamerun) memenangi Piala Afrika 2021 di kandangnya sendiri.

Kamerun terakhir memenanginya pada 2017. Gelar juara Piala Afrika keenam bakal menjadi pemanis tahun pertama Etoo sejak menjabat presiden Federasi Sepak Bola Kamerun (FECAFOOT) per 11 Desember lalu.

Minggu ini (malam nanti WIB), mimpi itu dimulai. Aku harap semua tim beruntun dan fans bisa menikmati negara kami yang indah, Kamerun.

Kami siap bertarung demi presiden (FECAFOOT) kami, Samuel Etoo, tulis kiper Kamerun Andre Onana dalam cuitannya. Kami bakal memburu kesuksesan pertama dalam fase barumu, lanjut kiper Ajax Amsterdam tersebut.

Di Paul Biya Stadium, Yaounde, tuan rumah Kamerun melawan Burkina Faso dalam laga pertama fase grup A. Onana pada Jumat (7/1) waktu setempat sempat bertemu dengan Etoo saat sang legenda mengunjungi sesi latihan timnas Kamerun.

Dia (Etoo) menyemangati kami dan meyakini tahun ini bisa jadi milik kami, sambung Onana yang musim depan mengikuti langkah Etoo berkostum Inter tersebut.

Selain Burkina Faso, di Grup A Kamerun bersaing menghadapi Ethiopia dan Cape Verde. Modal rekor 100 persen menang yang dicatat Vincent Aboubakar dkk dalam empat pertandingan beruntun bisa jadi penambah motivasinya.

Timnas Kamerun akan menunjukkan kekuatannya, klaim Etoo seperti yang dikutip laman Complete Sports .

Bukan hanya bagi Etoo. Piala Afrika pun penting artinya bagi Salah. Negaranya, Mesir, tergabung di Grup D bersama Nigeria, Sudan, dan Guinea-Bissau. Salah baru bertanding dalam matchday pertama Grup D menantang Nigeria di Stade Roumde Adjia, Garoua, 11 Januari nanti. Performa ciamik di Piala Afrika kali ini bisa mendukung kariernya.

Kemarin (8/1) Salah masuk daftar nominasi pemain calon peraih award dalam The Best FIFA Mens Player musim ini. Namanya bersaing dengan dua pemain top dari Eropa dan Amerika Latin saat ini, Robert Lewandowski dan Lionel Messi.

Di atas kertas, potensi Messi menggandakan suksesnya memenangi Ballon dOr dan The Best FIFA terbuka setelah suksesnya memenangi Copa America tahun ini. Sekaligus memaksa Salah kembali gigit jari.

Kalian bertanya siapa yang terbaik? Kalau aku rasa, Salah layak mendapatkannya ( award terbaik FIFA) kali ini setelah menjalani musim-musim bagusnya bersama kami, koar pelatih Liverpool FC Juergen Klopp seperti yang dikutip di laman Liverpool Echo .

Artikel Asli