Nggak Kaget Dengan Pernyataan Anak Rahmat Effendi, KPK: Anak Bela Ortu Itu Biasa...

Nasional | rm.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 09:41
Nggak Kaget Dengan Pernyataan Anak Rahmat Effendi, KPK: Anak Bela Ortu Itu Biasa...

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tidak kaget dengan pernyataan anak Wali Kota nonaktif Bekasi Rahmat Effendi, Ade Puspitasari, yang menyebut komisi antirasuah tidak memiliki bukti saat menangkap sang ayah.

Komisi superbody juga tak heran, Ade yang menjabat Ketua DPD Partai Golkar Bekasi menuding komisi pimpinan Firli cs mengincar "kuning", yang diduga merujuk pada partai beringin.

"Anak membela orang tua itu biasa, KPK tidak terkejut dan memahami pembelaan putri RE, Termasuk mengkaitkan dan menyeret-nyeret persoalan hukum yang sedang KPK jalankan ke ranah politik," ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron lewat pesan singkat, Minggu (9/1).

Dia menegaskan, KPK adalah penegak hukum yang bertindak berdasarkan fakta dan dasar hukum. Dalam kegiatan penangkapan, KPK berdasarkan bukti-bukti yang telah dikumpulkan lama sebelumnya.

Prosesnya pun didokumentasikan. Bukan saja difoto, tapi juga dalam bentuk video. "Sehingga alibi putri RE (Rahmat Effendi) bisa nanti kami buktikan di persidangan," imbuhnya.

Karena yang dilakukan KPK berada di ranah hukum, Ghufron menyarankan Ade dan pihak keluarganya melakukan pembelaan secara hukum.

"Rakyat Indonesia sudah sangat memahami bahwa mempolitisasi penegakan hukum oleh KPK selama ini sudah kerap terjadi. Toh, di pengadilan terbukti kebenaran tindakan KPK. Karenanya KPK walau tak dapat menghalangi, mengimbau agar menghentikan politisasi penegakan hukum. Silakan bela lah secara hukum, itu akan lebih berarti," tandas Ghufron. [OKT]

Artikel Asli