Doa Berpakaian, Arab, Latin, dan Terjemahannya untuk Diamalkan Sehari-hari

Nasional | jatimtimes.com | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 09:11
Doa Berpakaian, Arab, Latin, dan Terjemahannya untuk Diamalkan Sehari-hari

JATIMTIMES - Berbagai aktivitas yang dilakukan setiap muslim selalu dianjurkan untuk mengawalinya dengan berdoa. Tak terkecuali, saat akan mengenakan pakaian.

Tak dipungkiri, berdoa saat akan mengenakan pakaian ini kiranya sering dilupakan. Padahal, banyak syafaat yang bisa didapatkan dengan doa ini.

Pakaian adalah hal pokok yang menjadi kebutuhan setiap manusia. Setiap harinya, manusia melaksanakan berbagai aktivitas berbalut pakaian-pakaian ini.

Pakaian dapat membantu melindungi tubuh manusia dari teriknya panas, dinginnya malam, cipratan air hujan, dan masih banyak lagi. Karenanya, bagi muslim perlu pemahaman tentang adab berpakaian seperti yang telah dianjurkan.

Bacaan doa berpakaian :

Allhumma inn as'aluka min khairhi wa khaira m huwa lahu, wa a'dzubika min syarrihi wa syarri m huwa lahu

Artinya: Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya.

Tak hanya saat akan memakai saja, ketika melepas pakaian pun, umat muslim juga dianjurkan membaca doa.

Bacaan doa melepas pakaian :

Bismillhil ladz lilha ill huwa

Artinya: "Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain Dia."

Adab Berpakaian ini, diterangkan Sayyid Abdullah Al-Haddad. Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi Al-Haddad dalam kitabnya berjudul Rislatul Muwanah wal Mudzharah wal Muwzarah (Dar Al-Hawi, 1994, hal. 82-83), menjelaskan tentang pokok-pokok adab berpakaian seperti berikut:


. . . . . . . . . . : . :

Artinya: "Hendaklah memulai segala urusan dengan membaca basmalah, jika lupa mengucapkannya di awal, maka ucapkanlah segera ketika ingat dengan membaca bismillhi fi awwalihi wa khirihi, ketika berpakaian niatilah menutupi aurat yang itu merupakan perintah Allah, mulailah dengan sisi kanan pada waktu mengenakan dan sisi kiri pada waktu melepas, angkatlah sarung dan baju gamis sampai batas pertengahan batang kaki, atau tidak melampaui mata kaki, bagi perempuan boleh memanjangkan pakaiannya hingga menyentuh tanah, panjangkan lengan baju atau gamis sampai pada pergelangan tangan atau sampai ujung-ujung jari, dan jangan melampaui batas itu, jangan memiliki pakaian melebihi jumlah yang diperlukan, jangan memilih pakaian yang terlalu bagus dan juga jangan memilih yang terlalu buruk, jangan membuka aurat seluruhnya ataupun sebagian, kecuali ada perlu, ketika ada keperluan membukanya ucapkanlah bismillhil ladz lilha ill huwa, setiap kali selesai mengenakan pakaian ucapkanlah alhamdulillhil ladz kasn hdz min ghairi haulin minn wal quwwatin."


Sementara itu, berpakaian juga ada anjuran lain. Seperti, saat memakai pakaian baru. Dengan membaca doa ini, sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Allhumma lakal hamdu anta kasautanhi, as-aluka khairahu wa khaira m shnia lah wa adzu bika min syarrihi wa syarri m shunia lahu

Artinya: "Ya Allah bagi-Mu segala puji. Engkau telah memakaikannya untukku, aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan apa yang ia dijadikan untuknya, dan aku berlindung dari keburukannya dan keburukan apa yang ia dijadikan untuknya."

Dalam riwayat lain, saat pemilik pakaian hendak mengenakannya juga bisa membaca doa di bawah ini:

Alhamdulillhil ladz kasn m uwriy bihi aurt wa atajammalu bihi f hayt

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberiku pakaian sebagai penutup auratku dan penghias dalam hidupku."

Artikel Asli