Putih Abu-Abu Bawakan Ulang Lagu

Nasional | republika | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 08:59
Putih Abu-Abu Bawakan Ulang Lagu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu "Bimbang" karya Melly Goeslaw hadir dalam kemasan baru berkat versi baru yang dibawakan Putih Abu-Abu. Grup asal Cianjur itu menyajikan lagu dalam tempo lambat dan menggunakan instrumen minimalis.

Lagu didominasi petikan gitar akustik yang menyatu dengan gesekan senar biola. Suara para personelnya yakni Cheryl, Karin, Taya, Alma, Reikhansa, dan Intan terdengar selaras, membuat suasana tembang tersebut semakin sendu.

"Bimbang" merupakan salah satu karya ikonik dari musisi kenamaan Indonesia, Melly Goeslaw, yang menjadi lagu tema orisinal film Ada Apa Dengan Cinta rilisan 2002. Cover version "Bimbang" dari Putih Abu-Abu diproduseri oleh LDR.

Putih Abu-Abu punya pemaknaan sendiri terhadap lagu "Bimbang". Karin, salah satu personel, mengatakan ada kisah yang mereka refleksikan terhadap lagu tersebut. Cerita berpusat pada sesosok perempuan yang kehilangan ibunya.

"Kemudian dia (sang perempuan) bertemu seorang laki-laki yang tanpa disadari bisa mengobati rasa pilu yang sedang dia rasakan, kemudian dia bertanya-tanya tentang perasaan yang dia rasakan," ujar Karin lewat pernyataan resminya.

Putih Abu-Abu juga menghadirkan video lirik lagu "Bimbang" versi mereka. Intan, personel lainnya, menyampikan ada kesinambungan cerita antara video lirik tersebut dengan single Putih Abu-Abu sebelumnya. "Jadi nanti di setiap single yang dirilis akan saling terhubung ceritanya," kata Intan.

Sebelum "Bimbang", Putih Abu-Abu membawakan ulang beberapa lagu karya Melly Goeslaw, seperti "Bunda", "Bagaikan Langit", dan "Mungkin". Ketiga lagu itu disimak jutaan kali, bahkan mencapai 72 juta views untuk "Bagaikan Langit".

Grup yang beranggotakan enam personel perempuan yang baru lulus SMA itu dikenal sebagai cover version group dan bintang YouTube Shorts. Saat ini, akun YouTube Putih Abu-Abu memiliki 6,12 juta subscribers dengan total lebih dari satu miliar views.

Artikel Asli