Mengagetkan Ternyata Tidak Hanya Memburu KKB, Satgas TNI Yonif 412 Juga Lakukan Ini di Papua

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 08:46
Mengagetkan Ternyata Tidak Hanya Memburu KKB, Satgas TNI Yonif 412 Juga Lakukan Ini di Papua

Lanny Jaya - Prajurit TNI Satgas Yonif MR 412 Kostrad persembahkan karya nyata monumental enam menara lonceng gereja untuk jemaat gereja di daerah penugasan Kabupaten Lanny Jaya Papua.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Yonif MR 412 Kostrad Letkol Inf Moch. Renaldy H dalam keterangannya di Distrik Tiomditerima ANTARA, Minggu mengatakan, penyerahan hasil karya prajurit Satgas YonifMR 412 berupa enam menara lonceng gereja melalui rangkaian ibadah dan acara tradisi bakar batu sebagai bentuk wujud syukur.

"Prosesi acara penyerahan kunci menara lonceng Gereja dilaksanakan secara serentak di enam titik lokasi di Kabupaten Lanny Jaya,"ujar Letkol Renaldy.

Dansatgas Yonif MR 412 Kostrad berharap menara lonceng gereja yang diberikan ini membawa manfaat dan kedamaian bagi jemaat gereja yang ada di Kabupaten Lanny Jaya.

"Semoga suara-suara lonceng ini bisa menjadi fasilitas untuk memanggil jemaat datang beribadah, sehingga kedamaian di tanah Papua tetap terpelihara, karena inilah tujuan kami TNI hadir di sini, kami datang untuk kedamaian dan kami datang karena kami menyayangi dan mengasihi masyarakat Lanny Jaya,"ungkap Dansatgas.

Ia menyebut, pembangunan menara lonceng gereja diawali saat melihat minimnya sarana gereja khususnya lonceng Gereja yang hanya menggunakan potongan besi atau tabung oksigen bekas dan kurangnya sarana lain untuk kendali waktu, akibatkan jemaat Gereja sering terlambat hadir beribada.

Inilah yang membuat Prajurit Satgas 412 tergerak hatinya untuk membangunkan menara lonceng gereja.

Enam menara lonceng gereja sekaligus dibangun prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad di antaranya di Gereja Pinime di Desa Malagay, Gereja Tipugwi dan Gereja Lowanom di Desa Malagayneri, Gereja Mowi di Balingga, Gereja Manggalome di Desa Tima dan terakhir Gereja Wiyaware di Desa Pirime.

Sementara itu, para pendeta dan tokoh masyarakat masing-masing jemaat gereja mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih karena Satgas TNI 412 telah memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi jemaat.

"Bahkan kami sendiri tidak pernah terfikirkan untuk mendirikan menara lonceng seperti ini, tapi puji Tuhan Batalyon 412 Kostrad datang dan memberikan itu kepada kami," ungkap Pendeta Del Tabuni dari Gereja Mowi Distrik Balingga.

Artikel Asli