Kala Ibu Tukang Ojek Menangis di Depan Mensos Risma

Nasional | okezone | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 08:23
Kala Ibu Tukang Ojek Menangis di Depan Mensos Risma

SUKABUMI - Ibu tukang ojek, Rosita tak kuasa menahan air matanya dan terharu, saat Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini hadir di rumahnya yang sederhana di Desa Pabuaran, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi pada Jumat, (7/1/2022).

Mensos ingin mengetahui dari dekat kondisi anak kedua Rosita, M. Parhan Kulyubi yang tergolek di tempat tidur karena mengalami hidrosefalus. Dengan duduk di atas karpet, Mensos mulai berbincang dengan Rosita, orangtuanya dan anggota keluarga dan bertanya tentang kondisi Parhan dan riwayat pengobatannya termasuk juga bagaimana Rosita banting tulang menghidupi keluarga.

Kepada Mensos, Rosita menceritakan kondisinya sebagai orangtua tunggal dari dua anak. Sehari-hari, perempuan 36 tahun itu bekerja sebagai buruh cuci motor dekat rumah, dan terkadang mengojek. Saya nyuci motor bu. Kadang-kadang juga ngojek, kata Rosita dikutip dalam rilis resmi Kemensos, Minggu,(09/1/2022).

Tuntutan untuk menghidupi keluarganya dengan bekerja di luar rumah, membuat anak pertamanya Silvi Puspasari (14 tahun), harus menunggui adiknya, Parhan Kulyubi (4 tahun).

Ibu minta apa? Bekerja yang ibu bisa sambil menunggui anak?ujar Mensos bertanya.

Ya bantuan warung saja bu.kata Rosita.

Ya saya bantu. Nanti rumahnya direnovasi untuk usaha warung. Saya bantu juga ternak ayam petelur ya. Jadi nanti telurnya bisa untuk dimakan,ucap Mensos.

Rosita pun menyadari hal yang berbeda pada putranya saat Parhan berusia 5 bulan. Pada pemeriksaan rutin di Posyandu, dan diukur lingkar kepalanya, Parhan kedapatan ukuran kepalanya di atas normal.

Petugas Posyandu menyarankan agar Rosita memeriksakan Parhan ke Puskesmas atau rumah sakit. Saya pernah membawa Parhan berobat dan sudah pernah dioperasi pada saat berusia 14 bulan,tutur Rosita kepada Mensos.

Menurut hasil pemeriksaan dokter, ditemukan adanya cairan di kepala Parhan tahun 2019. Selanjutnya, Rosita merasakan ada yang berbeda dari fisik putranya, seperti timbulnya bercak putih-putih pada kornea mata.

Artikel Asli