Pamer Bangun Stadion Bola Ganjar Dan Anies Jualannya Sama

Nasional | rm.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 08:05
Pamer Bangun Stadion Bola Ganjar Dan Anies Jualannya Sama

Mendekati Pilpres 2024, para gubernur yang digadang-gadang nyapres makin rajin memamerkan hasil kerjanya. Teranyar, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pamer hasil renovasi Stadion Jatidiri di Semarang. Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan juga memamerkan kemegahan Stadion JIS atau Jakarta International Stadium. Ganjar dan Anies jualannya sama buat kerek elektabilitas.

Ganjar memamerkan progres pembangunan Stadion Jatidiri, melalui sebuah video yang diunggah di akun Instagram @ganjarpranowo , Jumat (7/1).

Dalam video itu tampak Ganjar tersenyum lebar setelah melihat wajah baru Stadion Jatidiri dari dekat. Stadion yang baru direnovasi itu memang tampak megah dengan tribun tertutup dan berstandar internasional.

Menurut Ganjar, proses pembangunan stadion yang jadi kebanggaan warga Semarang itu tinggal finishing. Atap tribun bagian barat sudah terpasang hanya tinggal beberapa pengerjaan kecil, lampu stadion sudah menyala. Kondisi rumput pun sudah terlihat hijau dan rapih.

Ganjar yang menjajal kondisi lapangan dengan menyepakkan kakinya seolah menendang bola. Setelah itu, ia jogging di stadion tersebut. Ganjar tampak puas setelah mengecek langsung kondisi rumput lapangan, atap tribun, dan lampu yang baru dipasang. Hasilnya oke.

Kata dia, secara garis besar pembangunan Stadion Jatidiri sudah selesai. Tinggal menuntaskan beberapa detail. Seperti memasang papan skor digital, penyelesaian tahap akhir ruang ganti dan VIP, serta lanskap Stadion Jatidiri secara keseluruhan. Tahun ini akan kami resmikan, kata Ganjar.

Karena sudah selesai, kata Ganjar, lapangan stadion sudah beberapa kali digunakan oleh tim PSIS Semarang untuk latihan.

Terakhir, PSIS menggunakannya untuk persiapan sebelum bertolak ke Bali untuk mengikuti putaran empat Liga 1 Indonesia.

Sekadar tahu saja, Stadion Jatidiri merupakan stadion renovasi. Sebelum direnov, markas PSSI itu sempat dinyatakan tidak layak untuk menggelar pertandingan Liga 1.

Sampai tadi malam, unggahan Ganjar ini mendapat 60.300 tanda suka dan 1.200 komentar. Sebagian besar komentar umumnya berupa apresiasi atas kerja Ganjar membenahi stadion Jatidiri. Jos ini, puji @nandcp . Bagus sekali stadionnya Pak, timpal @renjlitaaryaw .

Ada juga yang membandingkan Ganjar dengan Anies Baswedan yang juga baru memamerkan stadion baru. Calon presiden lagi pada pamer stadion, tulis @abrisam_disnar .

Sebelum Ganjar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lebih dulu memamerkan perkembangan pembangunan JIS di akun Instagram miliknya, @aniesbaswedan , akhir tahun lalu. Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memang rajin mengabarkan perkembangan stadion megah tersebut.

Bahkan beberapa kali mengunjungi stadion tersebut. Seperti saat melakukan tes kualitas sistem suara.

Terakhir, Anies mengabarkan progres pembangunan stadion berstandar internasional itu sudah mencapai 89 persen. Anies juga mengunggah sebuah video yang memperlihatkan perkembangan pembangunan stadion JIS di akun Instagram-nya. Kata dia, seluruh atap JIS sudah tertutup.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengapresiasi, apa yang dilakukan Anies dan Ganjar. Meskipun kata dia, apa yang dilakukan Ganjar dan Anies ini berbeda. Anies membangun stadion baru sementara Ganjar merenovasi.

Hendri menilai apa yang dilakukan Anies dan Ganjar tak lain untuk mendongkrak popularitas menuju Pilpres 2024. Saat ini, elektabilitas kedua nama itu bersaing ketat.

Hendri mengatakan, setiap tokoh yang berniat jadi capres memang harus memperlihatkan kinerjanya kepada publik. Agar publik bisa punya gambaran seperti apa tokoh yang akan maju di pilpres nanti. Jadi publik akan punya bayangan seperti apa Indonesia nanti jika Anies atau Ganjar jadi presiden.

Saya pernah bilang, bila ingin tahu Indonesia seperti apa setelah Era Presiden Jokowi lihat saja Provinsi yang dipimpin gubernur yang niat nyapres, kata Hendri, kepada Rakyat Merdeka , tadi malam.

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI ini menyebut para kepala daerah memang punya punya panggung besar untuk menunjukkan prestasinya. Ini tantangan sekaligus berkah. Karena kalau berhasil atau gagal akan mendapat sorotan dari publik berkali-kali lipat.

Menurut sejumlah lembaga survei elektabilitas Anies dan Ganjar memang terpaut tipis. Kedua nama tersebut selalu nangkring di tiga besar bersama Prabowo Subianto.

Dalam survei terakhir yang dilakukan Charta Politika Indonesia elektabilitas Ganjar Pranowo mendapat elektabilitas paling tinggi dengan 25,8 persen. Sementara posisi kedua dan ketiga ada Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dengan elektabilitas masing-masing 22,3 persen dan 17,7 persen.

Sementara survei KedaiKOPi menempatkan Anies di urutan ketiga dengan elektabilitas 12,5 persen. Di atasnya ada Prabowo Subianto 23,9 persen dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 16,4 persen. [BCG]

Artikel Asli