Makanan Olahan Ikan Dinilai Bisa Tingkatkan Asupan Gizi Para Santri Kabupaten Tangerang

Nasional | bantennews.co.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 02:11
Makanan Olahan Ikan Dinilai Bisa Tingkatkan Asupan Gizi Para Santri Kabupaten Tangerang

KAB. TANGERANG Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyerahkan bantuan bibit ikan dan makanan olahan kepada pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Mahad Tarbyatul Mubtabadiin, Desa Pasirnangka, Kecmatan Tigaraksa.

Sekda Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jaenudin serta Camat Tigaraksa menyerahkan bantuan tersebut ke Ponpes Mahad Tarbyatul Mubtabadiin.

Sekda mengatakan bahwa Pemkab Tangerang sangat peduli dengan Ponpes yang merupakan salah satu sasaran dalam program unggulan Tangerang Religius.

Bantuan ini merupakan salah satu bukti bahwa pemda serius dan peduli terhadap keberadaan pondok pesantren di Kabupaten Tangerang, kata Sekda dalam keterangannya, Minggu (9/1/2022).

Menurut dia juga bahwa Ponpes merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mencetak generasi penerus bangsa yang tidak hanya mendalami aspek keagamaan, tetapi juga diajarkan tentang kemandirian melalui pemberdayaan ketrampilan para santrinya.

Selain mengajarkan aspek religius, Ponpes terus memberikan pendidikan kesehatan, ketrampilan dan pemberdayaan lingkungan sehingga pada akhirnya para santri memiliki bekal yang cukup untuk bisa mandiri, ujar Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang, Jaenudin menambahkan bahwa bantuan bibit ikan dan makanan olahan ikan dapat meningkatkan asupan gizi para santri sekaligus para santri dapat memanfaatkan lingkungan Ponpes untuk meningkatkan nilai tambah.

Kita berikan bibit ikan lele, nila dan ikan emas untuk dibudidayakan di lingkungan Ponpes sebagai nilai tambah dan bisa untuk dikonsumsi para santri, kata Jaenudin.

KH. Uwes Nawawi, pimpinan Ponpes Mahad Tarbiyatul Mubtadin mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Tangerang yang telah memberikan bantuan makanan olahan dan bibit ikan untuk pesantrennya.

Terima kasih kepada Sekertaris Daerah dan Kepala Dinas Perikanan sudah menyempatkan waktu berkunjung di pondok pesantren yang sederhana ini untuk memberikan bantuan berupa bahan olahan dan juga bibit ikan lele, ikan mas dan ikan lele yang Insya Allah bermanfaat, kata dia.

Pemkab Tangerang melalui Dinas Perikanan dan Kelautan memberikan bantunan makanan olahan berupa kerupuk ikan 100 pcs, siomay 100 pcs, nugguet 100 pcs dan otak otak sebanyak 100 pcs.

Sedangkan bibit ikan yang diserahkan antara lain bibit ikan lele 500 ekor, emas 500 ekor dan bibit ikan nila 500 ekor.

(Red)

Artikel Asli