Siap-siap Suntik Booster, Menkes Pastikan Stok Vaksin Covid-19 Aman

Siap-siap Suntik Booster, Menkes Pastikan Stok Vaksin Covid-19 Aman

Nasional | limapagi.id | Jum'at, 7 Januari 2022 - 13:55
share

LIMAPAGI - Cakupan vaksinasi Covid-19 di Tanah Air terus ditingkatkan. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan stok vaksin Covid-19 dalam negeri aman.

Kendati ada tambahan jumlah sasaran, yakni anak usia 6-11 tahun serta tambahan untuk vaksinasi dosis ketiga atau booster pada 12 Januari mendatang, Budi meyakini jumlah vaksin yang tersedia masih mencukupi.

Sekarang kita ada stok vaksin sekitar 140 juta dosis, Kita targetkan kecepatan vaksinasi kita 50 juta sasaran dalam kurun waktu satu bulan. Kita juga sudah siapkan untuk vaksinasi booster untuk mengantisipasi Omicron. Jadi dipastikan stoknya masih ada, ujar Budi dalam keterangan tertulis, Jumat, 7 Januari 2021.

Budi menambahkan, kini Indonesia telah masuk dalam jajaran 5 besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia.

Mencatatkan cakupan vaksinasi sebanyak 166,65 juta sasaran, Indonesia menempati urutan ke 4 setelah China, India, Amerika Serikat, kemudian diikuti Brazil di peringkat kelima.

"Capaian ini berhasil mengantarkan Indonesia menjadi satu dari lima negara dengan cakupan vaksinasi terbanyak di dunia, ujar Budi.

Budi menekankan bahwa raihan ini tidak terlepas dari dukungan dan upaya bersama dari seluruh elemen bangsa yakni TNI/Polri, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Organisasi Sosial, Organisasi Keagamaan, pelaku usaha dan masyarakat dalam menyukseskan program vaksinasi nasional sebagai bagian dari ikhtiar untuk mengakhiri pandemi di Tanah Air.

"Pemerintah akan terus menggenjot cakupan vaksinasi nasional bagi 208,2 juta penduduk yang ditargetkan akan selesai pada Maret atau April mendatang," ujar Budi.

Topik Menarik