Buronan 20 Tahun Akhirnya Tertangkap Berkat Google Maps

Buronan 20 Tahun Akhirnya Tertangkap Berkat Google Maps

Nasional | rakyatku | Jum'at, 7 Januari 2022 - 13:00
share

RAKYATKU.COM - Kepolisian Italia menangkap seseorang yang sudah menjadi perburuan selama hampir 20 tahun. Upaya ini berkat aplikasi Google Maps.

Dikutip dari Reuters, Jumat (7/1/2022), buronan itu diketahui bernama Gioacchino Gammino (61). Setelah investigasi selama dua tahun, dia terlacak ada di Kota Galapagar, Spanyol. Dia hidup di sana dengan nama palsu.

Perburuan seorang buronan ini terungkap saat Google Maps memperlihatkan sebuah gambar jalan. Di gambar itu, terpotret seorang laki-laki, yang mirip sekali dengan Gammino.

Dalam foto tersebut, Gammino tampak sedang berada di depan sebuah toko buah. Temuan ini langsung mendorong dilakukannya investigasi lebih dalam.

"Photogram telah membantu kami mengkonfirmasi investigasi yang dikembangkan lewat cara tradisional," kata Nicola Altiero, Wakil Direktur Kepolisian antimafia Italia (DIA).

Gammino adalah anggota seorang kelompok mafia di Sicilian, yang mendapat julukan Stidda. Dia melarikan diri dari penjara Rebibbia, Roma, Italia, pada 2003 setelah mendapat vonis hukuman seumur hidup. Dia didakwa telah melakukan pembunuhan.

Gammino kini sudah ditahan di Spanyol dan otoritas berharap dia bisa dibawa ke Italia pada akhir Februari 2022. Keluarga atau wali dari Gammino belum mau berkomentar atas penangkapan ini.

Sumber: Reuters

Topik Menarik