Pasca Banjir, Tanggung Sungai Tamiang Jebol

Nasional | acehsatu.com | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 02:15
Pasca Banjir, Tanggung Sungai Tamiang Jebol

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG Kepala BPBD Aceh Tamiang, Syahri mengungkapkan pasca banjir yang merendam ribuan rumah warga di Aceh Tamiang tiga hari lalu, empat titik tanggul Sungai Tamiang jebol dan belum diperbaiki karena membutuhkan anggaran besar.

Menurut Syahri kepada acehsatu.com, Kamis (6/1/2021), empat titik tanggul Sungai Tamiang yang jebol tersebut berada di Kampung Teluk Halban, Marlempang dan Rantau Pakam dengan panjang bervariasi mulai 50 meter sampai 150 meter.

Di Kampung Rantau Pakam dan Teluk Halban ada dua titik tanggul jebol dengan panjang 150 meter, ujar Syahri.

Selain tanggul yang jebol, puluhan meter tanggul Sungai Tamiang di Kecamatan Seruway juga mulai bocor karena saat debit air sungai tamiang tinggi, air sungai merembes masuk ke pemukiman warga, kita prediksi jika debit Sungai Tamiang terus tinggi, tanggul di beberapa desa di Kecamatan Seruway ini juga akan jebol.

banjir tamiang
Hari Ketiga pasca banjir Aceh tamiang, pemukiman warga masih terendam banjir di dua Kecamatan Manyak Payed dan Bendahara. Kamis (6/1/2022) acehsatu.com/BPBD Tamiang

Untuk sementara tanggul Sungai Tamiang belum kita perbaiki karen debit air Sungai Tamiang masih Tinggi disamping membutuhkan anggaran besar, ujar Syahri lagi.

Karena membutuhkan biaya besar, pihaknya lanjut Syahri mencoba melakukan komunikasi dengan BNPB pusat agar dapat tertangani perbaikan tanggul jebol tersebut karena khawatir jika debit sungai tamiang naik lagi, maka banyak desa di Tamiang yang terendam. Saat ini pihaknya terus melakukan pendataan karena kita harus bergerak cepat memperbaiki tanggul tersebut terlebih BMKG memprediksi curah hujan tinggi di Aceh sampai Februari mendatang, demikian Kepala BPBD Aceh Tamiang, Syahri (*)

Artikel Asli