Puluhan Anak Indonesia di NTB, NTT, dan Papua Dapat Beasiswa

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 14:18
Puluhan Anak Indonesia di NTB, NTT, dan Papua Dapat Beasiswa

JawaPos.com Menurut data statistik Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia, tercatat bahwa Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Papua menghasilkan 24,7 persen siswa putus sekolah dari seluruh Indonesia. Angka ini berada di tingkat pendidikan wajib belajar, yakni dari tingkat SD sampai SMA.

Ada banyak kendala yang dihadapi oleh anak untuk mengembangkan diri dan meraih cita-cita mereka lewat sekolah. Faktor ekonomi merupakan hal utama yang kerap membuat seorang anak harus mengubur impiannya dengan putus sekolah. Beberapa lagi bahkan terpaksa bekerja atau menikah di usia dini untuk mendukung pengeluaran keluarga.

Menyikapi hal ini, platform financial P2P lending AsetKu memberikan beasiswa kepada 50 anak kurang mampu melalui Program Beasiswa NusantaraKu Kegiatan Amal Terangi Jalan Menuju Sekolah.

Putus sekolah karena biaya tidak seharusnya menjadi cara hidup anak-anak ini. Duduk dan belajar di ruang kelas yang terang, mendapatkan pengetahuan baru di pulau terpencil adalah harapan kecil mereka juga harapan kami. Jika jalan ke sekolah terlalu sulit dilalui, mari kita temani mereka menempuh tujuan, kata Direktur Utama AsetKu Jimmi Adhe Kharisma lewat keterangan resminya.

Bekerjasama dengan Runcing Foundation, lanjut Jimmi, pihaknya memberikan fasilitas berupa biaya sekolah, biaya hidup, akomodasi dan biaya kegiatan sebesar Rp 200.000.000 untuk siswa kurang mampu di NTB, NTT, dan Papua untuk meningkatkan lingkungan hidup dan lingkungan belajar. Program yang akan berjalan 1 tahun selama 2022 ini akan dimonitor langsung dengan kunjungan ke sekolah-sekolah yang akan dilakukan oleh Runcing Foundation dan Mitra Lokal.

Kami juga mengajak para lender untuk dapat berpartisipasi dalam menerangi jalan siswa-siswi untuk ke sekolah dengan cara mengikuti permainan yang interaktif pada aplikasi AsetKu, ujarnya.

Ia melanjutkan, setelah mereka berhasil menyelesaikan permainan, untuk member platinum dan diamond, AsetKu akan mendonasikan dana mencapai Rp 200.000.000 atas nama para lender sebagai bentuk apresiasi atas dukungan berkelanjutan mereka.

Selain memberikan pelayanan finansial, program Beasiswa NusantaraKU Kegiatan
Amal Terangi Jalan Menuju Sekolah berharap dapat mendorong masyarakat untuk berpartisipasi
membantu menebar harapan kepada anak di Indonesia yang kurang beruntung.

Kami berkomitmen untuk tidak hanya memberikan akses kemudahan dalam pelayanan finansial, namun juga turut serta berkontribusi terhadap pendidikan di Indonesia, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Kami untuk melihat anak-anak ini mencapai mimpinya, tutup Jimmi.

Artikel Asli