Perkuat Kerukunan Umat, MUI NTB Diminta Intensifkan Dialog Keagamaan

Nasional | lombokpost | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 13:21
Perkuat Kerukunan Umat, MUI NTB Diminta Intensifkan Dialog Keagamaan

MATARAM -Peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus lebih dimaksimalkan dalam rangka mewujudkan, memelihara dan memperkuat kerukunan sesama umat Islam. Mengingat maraknya kemunculan aksi-aksi kontroversi yang dapat memecah belah umat Islam.

Perkuat kerukunan umat Islam maka peran MUI harus lebih maksimal, tegas Dewan Penasihat MUI NTB TGH Hazmi Hamzan, Kamis (6/1/2022).

Menurutnya, kemunculan konflik intoleransi umat beragama menunjukkan muzakarrah atau dialog-dialog keagamaan di tengah-tengah masyarakat masih kurang. Muzakarah ini bisa dibentuk oleh MUI, forum komunikasi pondok pesantren hingga kampus-kampus Islam.

Muzakarah ini hidup karena kita saling bertukar pikiran, sehingga bisa berdakwah bersama. Tidak lagi saling mempersoalkan ziarah atau tidak, tahlilan atau tidak, qunut atau tidak, tambah Anggota Komisi V DPRD NTB ini.

Dengan menghidupkan kembali muzakarah ini, sambungnya, ketika ada perdebatan bisa terjadi dialog dengan baik. Termasuk dasar-dasar beribadah ada yang melakukan atau tidak, semua dijelaskan dari kedua belah pihak. Tidak hanya satu saja.

Berikan pemahaman yang seimbang, tanpa harus saling mengejek. Demi kemajuan umat bersama maka hal ini harus dilakukan, pungkasnya. (ewi/r10)

Artikel Asli