Ahli Ibadah Justru Bangkrut di Akhirat, Kok Bisa?

Nasional | republika | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 13:13
Ahli Ibadah Justru Bangkrut di Akhirat, Kok Bisa?

IHRAM.CO.ID JAKARTA Selain ibadah individual yang harus dilakukan umat Islam agar selamat dari godaan dunia, ibadah sosial juga perlu dieratkan. Sebab para ahli ibadah bisa saja bangkrut di akhirat apabila alpa menjalankan ibadah sosial satu ini.

Dalam sebuah hadis, seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai kebaikan dan keburukan. Nabi pun menjawab, Al-birru husnul-khuluq wal-itsmu maa haaka fi shidrika wa karihta an yatthalia alaihi an-naasu,.

Yang artinya, Kebaikan adalah akhlak mulia dan keburukan adalah sesuatu yang membuat hatimu ragu dan kamu tidak ingin orang lain melihat sesuatu itu (ada pada dirimu),. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahihnya.

Ustadz Faqihuddin Abdul Kodir dalam buku 60 Hadis Hak-Hak Perempuan dalam Islam menjelaskan bahwa sering kali orang sulit membedakan kebaikan dari perbuatan dosa. Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW memberi panduan yang sangat sederhana.

Bahwa yang pertama adalah akhlak mulia dan segala perilaku yang baik. Sementara yang kedua adalah yang menjadikan seseorang gundah gulana dan membuatnya malu diketahui orang lain.

Artikel Asli