Qatar Larang Anak-Anak di Bawah 12 Tahun Masuk Masjid

Nasional | republika | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 13:08
Qatar Larang Anak-Anak di Bawah 12 Tahun Masuk Masjid

IHRAM.CO.ID, DOHA -- Pihak Berwenang di Qatar mengumumkan masjid akan tetap dibuka untuk menerima jamaah melaksanakan ibadah harian dan sholat Jumat. Namun, anak-anak di bawah 12 tahun tidak diizinkan masuk rumah ibadah. Keputusan ini diambil sebagai bagian dari tindakan pencegahan Covid-19 baru yang diadopsi oleh Kabinet Qatar, yang berlaku mulai Sabtu, 9 Januari 2022.

Masjid akan tetap buka mengikuti langkah-langkah pencegahan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan Masyarakat dan Kementerian Wakaf dan Urusan Islam. Sementara, pembukaan toilet dan fasilitas wudhu di masjid-masjid akan ditentukan oleh Kementerian Wakaf dan Urusan Islam.

Ketua Kelompok Strategis Kesehatan Nasional Covid-19, Dr Abdullatif Al Khal, mengatakan masyarakat harus bersiap untuk gelombang baru di masa depan. Setiap pihak harus bersatu untuk mengatasi gelombang ini.

"Kami memperkirakan gelombang ketiga akan berlanjut selama beberapa minggu dan kini belum mencapai puncaknya. Kami memprediksi akan mencapai puncaknya dalam beberapa minggu mendatang, dan mencatat sejumlah besar infeksi seperti di seluruh dunia, ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Penyakit Menular di Hamad Medical Corporation (HMC), dikutip di //The Peninsula Qatar//, Kamis (6/1)

Dr Al Khal menjelaskan, pembatasan yang diberlakukan di Qatar untuk menghadapi virus Covid-19 pada periode sebelumnya, telah menyelamatkan banyak nyawa.

Dia juga menunjukkan, saat ini sebagian besar infeksi bersifat sedang dan gejalanya berlangsung untuk waktu yang singkat. Hanya ada beberapa kasus yang memerlukan perawatan medis.

"Varian omicron sangat menular, tetapi gejalanya antara ringan dan sedang. Permintaan untuk vaksinasi dosis ketiga meningkat," katanya.

Ia lantas menyarankan pasien untuk minum obat penurun demam dan banyak cairan, serta menjaga nutrisi yang baik. Lebih dari 300.000 orang disebut telah diberikan suntikan booster dan tingkat vaksinasi meningkat.

Kasus Covid-19 di Qatar kembali melonjak pada 5 Januari 2022. Kementerian Kesehatan Masyarakat melaporkan 2.273 kasus baru Covid-19, dengan total kasus aktif 10.419. Total kasus positif Covid-19 yang tercatat di Qatar mencapai 257.504.

Artikel Asli