AFP NTB Futsal Championship 2022 Jadi Ajang Jaring Pemain Muda Potensial

Nasional | lombokpost | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 12:00
AFP NTB Futsal Championship 2022 Jadi Ajang Jaring Pemain Muda Potensial

MATARAM -Kompetisi futsal bertajuk AFP NTB Futsal Championship dimulai, kemarin (5/1). Puluhan tim bersaing menjadi yang terbaik. Program ini untuk menjaring bibit baru atlet futsal NTB, ujar Ketua Asprov PSSI NTB Mori Hanafi usai membuka kompetisi.

Prestasi cabor futsal NTB mengalami peningkatan. Ini perlu dukungan terus agar prestasi tersebut tidak menurun. Salah satunya dengan mempersiapkan regenerasi atlet futsal NTB agar bisa bersaing di kancah nasional. Khususnya pada multievent PON selanjutnya.

Kompetisi futsal ini berjenjang dari segi usia. Jadi outputnya nanti NTB bisa memiliki atlet futsal dari usia junior dan senior, katanya.

Mori akan mengonsep kompetisi futsal ini agar bisa dipertandingkan setiap tahun. Ini agar menghasilkan bibit-bibit pemain futsal yang baik. Target kita futsal bisa menyumbangkan emas di PON selanjutnya, tandasnya.

Sekretaris AFP NTB Agus Sukmayadi menjelaskan, kompetisi yang diikuti tim se-NTB ni mempertandingkan empat kategori. Yakni U-23, U-19, dan U-15. Ditambah satu kategori futsal wanita. Kita berharap dari U-19 dan U-15 untuk mencari bibit atlet futsal, ujarnya.

DIMULAI: Dua tim futsal kategori U-19 mulai menjalani pertandingan di Sport Hall GOR 17 Desember, kemarin (5/1).

Regenerasi pemain futsal ini untuk keberlanjutan tim futsal NTB yang sudah menorehkan prestasi membanggakan di PON Papua lalu. Karena mempertahankan prestasi, menurut dia, lebih sulit dibandingkan meraihnya. Tidak hanya mempertahankan prestasi di PON. Tapi misi kita juga meningkatkan prestasi, tegas dia.

Kompetisi futsal ini diikuti 72 klub yang terbagi dalam empat kategori. Untuk kategori U-23 ada 20 tim yang bertanding. Mereka terbagi dalam empat grup. Sejumlah tim futsal sarat pengalaman ambil bagian dalam kategori ini. Seperti Alcatraz, Exocet, dan Orangiro.

Sementara pada kategori U-19, ada 24 tim yang akan bertanding. Mereka dibagi dalam enam grup. Kemudian pada kategori U-15 terdapat 22 tim yang bertanding. Mereka terbagi dalam tujuh grup. Sedangkan kategori futsal wanita, ada delapan tim yang bertanding. Mereka dibagi dalam dua grup. (puj/r8)

Artikel Asli