Super Elja Matangkan Taktik

Nasional | radarjogja | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 11:47
Super Elja Matangkan Taktik

RADAR JOGJA PSS Sleman menggelar latihan di Lapangan Yoga Perkhanti, Jimbaran, Bali kemarin (5/1). Latihan tersebut sebagai persiapan menghadapi putaran kedua seri 4 BRI Liga 1 musim 2021/2022. Pada laga pekan ke-18 itu Super Elang Jawa -julukan PSS- akan ditantang Persiraja Banda Aceh di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar Jumat sore (7/1).

Pelatih PSS I Putu Gede Swi Santoso menyatakan, secara keseluruhan timnya dalam kondisi siap tempur. Persiapan yang dilakukan jelang melawan Laskar Rencong -julukan Persiraja- juga berjalan cukup lancar. Hanya, tinggal mematangkan taktikal saja. Ada beberapa item taktikal yang kami lakukan untuk pengingatan juga. Saya pikir hari ini (kemarin, Red) cukup lumayan (progres) latihan-nya, ujar Putu Gede.

Selain memantapkan persiapan, tim pelatih juga terus memantau kondisi pemain yang belum sepenuhnya fit. Bek asing Mario Maslac misalnya. Putu Gede berujar, bek asal Serbia tersebut sedikit mengalami kendala dan kondisinya pun baru mencapai 80 persen.

Dalam latihan, beberapa wajah baru juga terlihat membaur dengan pemain-pemain lawas. Lalu, bagaimana adaptasi para pemain yang baru bergabung? Hari ini kami lihat Mahdi Albaar sudah menyatu dengan tim. Kami juga lihat situasinya memang ada beberapa pemain yang baru bergabung, yang secara kebutuhan kami butuhkan, katanya. Yang pasti, Putu Gede menegaskan, semua pemain butuh adaptasi untuk mengenal satu sama lain.

Fisioterapis PSS Muhammad Firman mengabarkan kondisi terkini beberapa pemain yang masih dalam pantauan tim medis. Untuk Mario, di otot bisep afemoris paha bagian depan itu kemarin over training . Jadi dia mengalami tightness dan itu sehari-dua hari bisa hilang dengan dibantu fisioterapis dan teman-teman masseur , jelasnya.

Sementara untuk Jefri Kurniawan yang mengalami cedera medial collateral ligament (MCL) sudah mendapat penanganan lebih lanjut oleh dokter dan fisioterapis tim. Gelandang 30 tahun tersebut juga telah mengikuti sesi latihan di bawah pengawasan pelatih fisik. Karena memang prosedurnya dari tim medis, fisioterapi dulu. Setelah itu fisiknya, lalu bisa bergabung ke tim. Target kami dari awal itu tanggal 10 mas Jefri sudah siap untuk bermain, paparnya.

Di tengah persiapan, PSS juga kembali mendapat tambahan amunisi anyar. Yakni, mantan bek Persewar Waropen, Alex Dusay dan striker Dwi Rafi Angga yang sebelumnya dipinjamkan ke tim Liga 2 Dewa United. Serta terbaru, tadi malam Super Elja resmi memperkenalkan gelandang Ramdani Lestaluhu sebagai rekrutan baru. Pemain 30 tahun tersebut jadi pemain ke-11 yang didatangkan pada putaran kedua ini.

Latihan kemarin disambut antusias oleh Alex. Ia mengaku semua berjalan lancar dan tak ada masalah perihal adaptasi tim. Ia mengaku sangat menikmati sesi latihan bersama rekan barunya di PSS. Latihannya sangat enjoy dan baik. Untuk taktik dan strateginya saya sudah cukup paham. Paling adaptasi cuaca di Bali menurut saya perlu karena disini sering hujan dan panas. Jadi untuk cuaca nanti saya akan menyesuaikan lagi, bebernya.

Di sisi lain, jelang deadline bursa transfer yang akan ditutup 12 Januari nanti, Super Elja dikabarkan masih akan mendaratkan pemain anyar. Kabar yang berembus Abduh Lestaluhu, M Kanu Helmiawan hingga Oktafianus Fernando masuk dalam radar Laskar Sembada. (ard/bah)

Artikel Asli