Tok! Juda Agung Dan Aida Jabat Deputi Gubernur BI

Nasional | rm.id | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 11:30
Tok! Juda Agung Dan Aida Jabat Deputi Gubernur BI

Mahkamah Agung (MA) hari ini resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) terpilih Juda Agung dan Aida S Budiman.

Pengangkatan keduanya berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 147/P/2021 yang ditandatangani pada 24 Desember 2021, Presiden Jokowi memberhentikan dengan hormat Sugeng dan Rosmaya Hadi dari jabatan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), terhitung sejak 6 Januari 2021.

Pemberhentian tersebut juga disertai dengan ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa keduanya selama memangku jabatan sebagai Deputi Gubernur BI.

"Lewat Surat Keppres tersebut, saudara Juda Agung dan Aida S Budiman diangkat sebagai Deputi Gubernur BI. Sebelum memangku jabatan Deputi Gubernur BI, Saudara dan Saudari wajib mengucapkan sumpah. Bersediakah Saudara dan Saudari mengucapkan sumpah jabatan menurut agama Saudara?" ucap Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin dalam Upacara Pengucapan Sumpah Jabatan keduanya secara streaming di Youtube BI, Kamis (6/1).

Kedua Deputi Gubernur BI terpilih tersebut pun menyatakan bersedia dan membacakan janji sumpah di hadapan Ketua MA beserta hadirin yang datang. Kemudian disusul dengan penandatangan surat pengangkatan.

Sebagai informasi, Juda dan Aida menjalani uji kelayakan dan uji kepatutan (fit and proper test) pada 30 November 2021 di gedung DPR. Dan Keputusan ini pun telah disahkan dalam Rapat paripurna pada 7 Desember 2021. Fit and proper test dipimpin langsung oleh Ketua Komisi XI DPR Dito Ganindito.

Juda Agung sebelumnya mejabat sebagai Asisten Gubernur/Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial, lahir di Pontianak di 1964. Setelah menempuh pendidikan di bidang Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor pada 1987.

Juda melanjutkan pendidikan di University of Birmingham dan mendapatkan gelar Master di bidang Commercial dan Social Science pada 1995. Juda juga melanjutkan pendidikan di University of Birmingham dan mendapatkan gelar PhD di bidang Economics pada 1999.

Ia mengawali karier di BI pada 1991. Juda pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter (2014-2017), Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat (2017), dan Pegawai Penugasan Setingkat Direktur Eksekutif Departemen Sumber Daya Manusia (2017-2019).

Sementara Aida S Budiman sebelumnya menjabat Asisten Gubernur/Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter. Ia lahir di Bogor pada 1965. Setelah menempuh pendidikan di bidang Agribisnis Institut Pertanian Bogor pada 1987, Aida melanjutkan pendidikan di Southern California University dan mendapatkan gelar Master di bidang Economics pada 1996. Aida juga melanjutkan pendidikan di Claremont University dan mendapat gelar Phd di bidang Ekonomi di 2002.

Mengawali karier di BI pada 1991, Aida pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter sejak 2018. Aida pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Internasional (2014-2017). [ DWI ]

Artikel Asli